Turis Asing Kencingi Kawah Bromo, TNBTS Akan Edukasi Pengunjung Soal Larangan

M Rofiq - detikJatim
Rabu, 14 Sep 2022 19:21 WIB
Wisatawan asing kencing di kawah Bromo
Turis asing kencing di kawah Bromo
Probolinggo -

Seorang turis asing menodai kesakralan Bromo dengan mengencingi kawah Bromo. Pihak TNBTS akan memberikan edukasi tentang apa saja larangan atau hal yang tak boleh dilakukan di Bromo.

"Akan diupayakan edukasi baik melalui media sosial maupun lainnya. Diharapkan bisa efektif dan menambah wawasan untuk pengunjung Gunung Bromo," ujar Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Laporan dan Humas Balai Besar TNBTS Syarif Hidayat dalam pesan WhatsApp-nya kepada detikJatim, Rabu (14/9/2022).

Hidayat mengatakan edukasi atau pendekatan persuasif diharapkan bisa efektif untuk memberi efek jera, sehingga bisa getok tular ke masyarakat atau pengunjung lainnya.

Tokoh adat suku Tengger Probolinggo Supoyo mengatakan ada tiga larangan di Bromo.

1. Dilarang kencing menghadap Gunung Bromo

2. Dilarang melempar batu ke kawah Bromo

3. Dilarang mengambil barang yang ada di sekitar Bromo untuk dibawa pulang.

Viral seorang wisatawan asing mengencingi kawah Gunung Bromo. Wisatawan itu tampak terekam kamera sedang buang air kecil di kawah Bromo dan diposting di media sosial.

Aksi wisatawan itu diketahui terjadi di Gunung Bromo tepatnya Dusun Cemoro Lawang, Desa Ngadisari, Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

Aksi ini mendapat kecaman dari komunitas yang peduli dengan Gunung Bromo. Ini karena kawah Gunung Bromo merupakan tempat sakral bagi masyarakat setempat.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Resto Indonesia Kabupaten Probolinggo Digdoyo Jamaludin mengecam aksi yang dilakukan wisatawan asing tersebut. Ia menyebut wisatawan itu telah melanggar kesopanan dan adat istiadat suku Tengger.

"Video yang dilakukan turis asing, melanggar adat istiadat warga suku Tengger, dan saya anggap kurang sopan, tidak boleh dicontoh oleh pengunjung lainnya, karena aksinya melukai adat istiadat yang ditetapkan warga suku Tengger" kata Diddoyo.

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) juga menyayangkan kejadian tersebut.

"Prihatin, kecewa, dan menyayangkan perilaku yang dilakukan wisatawan asing tersebut," kata Hidayat.

Hidayat mengatakan apa yang dilakukan turis asing tersebut juga tidak etis karena kencing di sembarang tempat. Turis asing itu, kata Hidayat, mencederai kesakralan lokasi yang dihormati warga Tengger yang bermuki di Bromo Tengger Semeru.

"Selain tidak etis karena kencing di sembarang tempat, juga mencederai kesakralan lokasi yang dihormati oleh masyarakat Tengger yang bermukim di Bromo Tengger Semeru" kata Syarif.

Hidayat menjelaskan kawah Bromo memang dikenal karena keeksotikannya, tetapi lokasi itu juga disucikan dan dihormati warga Tengger. Sehingga seyogyanya pengunjung atau siapapun juga yang berkunjung atau bertamu ke lokasi tersebut menjunjung tinggi dan menghormati kesakralan lokasi di sejumlah titik di area wisata Bromo.



Simak Video "Buntut Turis Kencingi Kawah Bromo, TNBTS Akan Edukasi Pengunjung"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)