Harga BBM Baru Bikin Tarif Sewa Jeep Wisata Bromo Naik

Harga BBM Baru Bikin Tarif Sewa Jeep Wisata Bromo Naik

M Rofiq - detikJatim
Sabtu, 03 Sep 2022 22:43 WIB
Jeep di wisata Gunung Bromo yang tarifnya segera menyesuaikan kenaikan tarif BBM.
Jeep di wisata Gunung Bromo yang tarifnya segera menyesuaikan kenaikan tarif BBM. (Foto: M Rofiq/detikJatim)
Probolinggo -

Harga BBM subsidi dan nonsubsidi baik solar, Pertalite, maupun Pertamax resmi dinaikkan oleh pemerintah mulai hari ini. Kebijakan itu direspons oleh para pemilik transportasi jeep di wisata Gunung Bromo yang berencana segera melakukan penyesuaian tarif.

Pelaku usaha wisata yang biasa mengantar wisatawan domestik maupun mancanegara melihat sunrise hingga keindahan pemandangan alam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) akan menaikkan harga sewa jeep antara Rp 100.000 hingga Rp 150.000

Ada pun tarif normal sewa jeep sebelum kenaikan harga BBM untuk wisatawan TNBTS antara Rp 600.000-Rp 650.000. Namun, angka kenaikan tarif sewa itu belum final masih menunggu pertemuan dengan seluruh pemilik transportasi jeep di wisata Gunung Bromo.

Choirul Umam, salah satu pelaku usaha persewaan jeep wisata Gunung Bromo mengatakan kenaikan harga BBM secara signifikan itulah yang membuat para pelaku usaha menyesuaikan tarif sewa.

Meski belum memastikan berapa kenaikan tarif sewa tersebut, Umam memastikan kenaikan tarif itu maksimal Rp 150.000. Ia sampaikan sebabnya, karena biasanya dalam sekali antar mereka harus mengisi BBM Rp 180 ribu. Dengan harga baru yang naik, mereka harus mengisi BBM setidaknya Rp 250.000.

"Pasti kami naikkan harga sewa jeep untuk antar wisatawan di Gunung Bromo setelah pemerintah menaikkan harga BBM tadi siang. Maksimal Rp 150.000, karena harga onderdil dan spare part otomatis akan naik juga, rencananya secepatnya akan melakukan rapat koordinasi dengan para pemilik jeep yang ada di wisata Bromo," ujar Umam saat dihubungi detikJatim, Sabtu (3/9/2022).

Gondo Handono, pemilik usaha kuliner di area Padang Savana Gunung Bromo, yang sekaligus pemilik jeep memastikan untuk besok Minggu sewa jeep masih belum berubah.

Ada kemungkinan penyesuaian tarif sewa itu akan mulai diberlakukan oleh para pemilik Jeep pada Senin. Kenaikannya, kata Gondo, minimal Rp 100.000 dari harga sewa sebelumnya. Sedangkan untuk kuliner, ia masih menunggu kenaikan harga sembako di pasar.

"Sepertinya untuk besok masih tetap, karena baru tadi siang naik. Kalau hari Senin, pasti akan saya naikkan sewa jeep minimal Rp 100.000. Sedangkan usaha kuliner masih nunggu kenaikan harga sembako di pasar-pasar tradisional. Pastinya naik lah, karena harga BBM mempengaruhi semuanya," ujarnya.

Berikut ini daftar harga BBM subsidi maupun nonsubsidi yang telah dinaikkan oleh pemerintah per hari ini.

- Solar Rp 6.800/liter
- Pertalite Rp 10.000/liter
- Pertamax Rp 14.500/liter
- Pertamax Turbo Rp 15.900/liter
- Dexlite Rp 17.100/liter
- Pertamina Dex Rp 17.400/liter



Simak Video "Para Pengendara Ini Menghindar Karena Dikira Razia, Ternyata..."
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)