6 Mal Terbesar di Surabaya, Trans Icon Paling Baru

Rina Fuji Astuti - detikJatim
Jumat, 12 Agu 2022 20:15 WIB
Launching Trans Icon Mall
Trans Icon Mall Surabaya/Foto: Deny Prastyo Utomo/detikJatim
Surabaya -

Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, tak heran Surabaya memiliki banyak mal besar. Arsitekturnya megah, area perbelanjaannya luas dan diisi beragam brand ternama.

Selain berbelanja, Anda bisa melakukan beragam aktivitas di mal. Seperti nongkrong di kafe, makan di resto, menikmati wahana bermain, hingga menonton film.

Berikut 6 mal terbesar di Surabaya:

1. Pakuwon Mall

Pakuwon Mall merupakan mal terbesar di Surabaya sekaligus di Indonesia. Luasnya mencapai 200.000 m2.

Mal ini terdiri dari 3 lantai basement, 6 lantai pusat perbelanjaan dan juga exhibition hall. Pakuwon Mall resmi dioperasikan total pada 2017, dari yang nama awalnya Supermall Pakuwon Indah menjadi Pakuwon Mall.

Pakuwon Mall berada di Jalan Mayjen Yono Suwoyo No 2, Kelurahan Babatan, Kecamatan Wiyung. Mal ini milik Pakuwon Group.

2. Tunjungan Plaza

Tunjungan Plaza (TP) menjadi mal terbesar kedua di Surabaya dengan luas 150.000 m2. TP terdiri dari 6 mal (TP1 hingga TP6) yang saling terhubung.

Saking besarnya mal, pengunjung kadang bingung. Ada tiga bioskop di TP.

TP berada di Jalan Basuki Rahmat No 8-12, Kelurahan Kedungdoro, Kecamatan Tegalsari (TP 1-3) dan Jalan Embong Malang No 32-36 Kelurahan Kedungdoro, Kecamatan Tegalsari (TP 4-6).

Saat main di TP, Anda wajib tahu titik-titik penting agar tidak tersesat. Salah satunya atrium besar yang menjadi pusat dari bagian TP lainnya.

3. Ciputra World

Anda pasti tak asing saat mendengar nama Ciputra. Kawasan ini disebut superblock alias gedung serba ada.

Pasalnya, Anda dapat menemukan segala kebutuhan dan fasilitas lengkap di area ini. Mulai dari hotel, apartemen, perkantoran, hingga pusat perbelanjaan dan hiburan. Ciputra World berada di Jalan Mayjend Sungkono No 89, Kecamatan Dukuh Pakis.

Ciputra World Mall memiliki luas pertokoan 150.000 m2 yang terdiri dari 6 lantai. Sederet barang branded dapat Anda temukan di mal ini. V-Walk memiliki desain klasik Eropa yang merupakan tempat kuliner khas Indonesia, Jepang, Arab hingga Eropa. Seperti tempat hiburan lainnya, Ciputra World juga menyediakan bioskop dan tempat karaoke.

4. Grand City

Mal yang satu ini terkenal dengan area convention and exhibition hall-nya yang memiliki luas 21 ribu m2. Grand City Mall membidik kalangan menengah ke atas. Tak heran jika brand seperti ZARA, Fossil, Bazaar, dan berbagai brand ternama lainnya ada di mal ini.

Grand City berada di dekat Persimpangan Jalan Walikota Mustajab No 1, Kelurahan Ketabang, Genteng, Surabaya.

5. Galaxy Mall

Galaxy Mall atau GM mirip dengan TP. GM terdiri dari 3 mal yaitu Galaxy Mall 1, 2 dan 3.

Ada jembatan penyeberangan yang cukup ikonik di sini. Galaxy Mall juga diisi dengan sederet brand ternama. Galaxy Mall berada di Jalan Dharmahusada Indah Timur 35-37, Mulyorejo.

6. Trans Icon Mall Surabaya

Saat masuk Surabaya dari arah selatan, Anda pasti melewati bangunan megah yang satu ini. Trans Icon memiliki luas sekitar 2,5 hektare, yang berada di kawasan Jalan Ahmad Yani.

Trans Icon Mall resmi dibuka pada Jumat (5/8/2022). Hingga saat ini, Trans Icon Mall tengah menjadi perhatian.

Sebab, mal ini memiliki wahana Trans Snow World. Banyak orang yang penasaran untuk bermain salju di wahana tersebut.



Simak Video "Kesan Khofifah Usai Rasakan Dinginnya Salju di Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/sun)