Dear Warga Ponorogo, Harga Tiket Telaga Ngebel Naik Jadi Rp 15 Ribu

Charolin Pebrianti - detikJatim
Senin, 08 Agu 2022 12:27 WIB
Telaga Ngebel Ponorogo
Telaga Ngebel Ponorogo (Foto: Charolin Pebrianti/detikJatim)
Ponorogo -

Wisatawan yang ingin berkunjung ke Telaga Ngebel kini harus merogoh kocek lebih dalam. Ada kenaikan harga tiket yang dari sebelumnya Rp 8 ribu kini menjadi Rp 15 ribu.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Ponorogo Judha Slamet Sarwo Edi mengatakan kenaikan harga tiket itu untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Alasan lain adalah selama 5 tahun terakhir belum ada kenaikan harga tiket masuk.

"Sesuai dengan Perbup Nomor 46 Tahun 2022, tanggal 24 Juni 2022 tentang perubahan retribusi rekreasi dan olahraga sebesar Rp 15 ribu untuk pemasukan PAD," tutur Judha kepada wartawan, Senin (8/8/2022).

Menurut Judha, setelah pandemi COVID-19 selama 2 tahun kemarin, akhirnya perekonomian di Telaga Ngebel mulai bangkit. Berbagai acara selama Grebeg Suro 2022 yang digelar di Telaga Ngebel juga menarik wisatawan.

"Mulai dari jambore hard top, akustik, larungan, semua bisa mendatangkan wisatawan, penginapan penuh, warung dan rumah makan mengalami peningkatan," terang Judha.

Saat larungan, lanjut Judha, total pengunjung mencapai 5.700 orang dengan pendapatan tiket Rp 85,5 juta pada Sabtu (30/7) lalu. Kemudian pada Minggu (31/7), PAD di Telaga Ngebel masuk Rp 42,7 juta.

"Target PAD Telaga Ngebel 2022 ini Rp 2,2 miliar. Saat ini sudah tercapai Rp 1,7 miliar. Di sisa 5 bulan ini, optimis bakal tercapai," papar Judha.

Sementara itu, wisata di kabupaten lain pun juga banyak yang menarik retribusi tiket Rp 20 ribu. Menurutnya, harga tersebut masih bisa dijangkau masyarakat.

"Itu masih terjangkau, daerah lain kan rata-rata Rp 20 ribu juga. Harapannya ini untuk menunjang PAD kita," tambah Judha.

Judha menerangkan fasilitas Telaga Ngebel di tahun 2022 ini bakal ada penambahan. Mulai dari faceoff Telaga Ngebel, zona pedagang kaki lima, water fountain, dermaga hingga tribun.

"Pelan-pelan akan mulai bangun dermaga, juga tribun untuk menyaksikan pertunjukkan water fountain," imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga bakal menggandeng investor untuk wahana yang mendukung Telaga Ngebel. Ke depannya, Ngebel bakal jadi jujugan wisata yang paling diminati.

"Kami akan menggandeng investor, ada wahana yang mendukung ke depan. Supaya Ngebel punya wahana daya tarik," pungkas Judha.



Simak Video "Ini Dia Kuliner Ekstrem Sate Kuda dan Satu-satunya di Ponorogo"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/iwd)