Menparekraf: JFC Akan Jadi Event Kalender Wisata Internasional

Yakub Mulyono - detikJatim
Senin, 08 Agu 2022 01:00 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno datang dan menonton Jember Fashion Carnaval (JFC) 2022, Minggu (7/8/2022) malam.
Menparekraf Sandiaga Uno dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa/Foto: Yakub Mulyono
Jember -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno datang dan menonton Jember Fashion Carnaval (JFC) 2022, Minggu (7/8/2022) malam.

Sandi datang ke lokasi JFC dengan berjalan kaki dari Pendapa Wahyawibawagraha Jember. Ia didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Bupati Jember Hendy Siswanto, Wabup Jember Muhammad Balya Firjaun Barlaman, jajaran Forkopimda Provinsi Jawa Timur, dan Forkopimda Jember.

Selain itu, juga tampak Anggota Komisi X DPR RI Charles Melkiyansyah, dan Nur Purnamasidi. Mereka ikut dalam rombongan di venue utama JFC 2022.

Sandi sempat memberikan sambutan saat JFC 2022 akan dimulai. Sandi menyampaikan pesan dari Presiden RI, bahwa indeks ekonomi saat ini meningkat lebih baik.

"Saya menyampaikan permohonan maaf dari Presiden RI, dan meminta saya mewakili beliau. Ini acara kebanggaan tidak hanya Jember tapi juga Indonesia. JFC jadi kharisma event nusantara. Sehingga ada tugas dari Bu Gubernur (Jatim), JFC akan jadi event kalender Wisata Internasional," kata Sandi saat sambutan.

Ia menambahkan, saat ini indeks ekonomi Indonesia naik peringkat. Pertama kalinya dalam sejarah, Indonesia berada di posisi 32 dunia.

"Merupakan kerja sama dan gotong royong dari kita semua. Bagaimana ekonomi kreatif apalagi lewat jalan pariwisata menunjukkan potensinya. Untuk pertama kalinya indeks ekonomi naik 2 peringkat. Indonesia melampaui Vietnam dan Thailand. Banyak potensi di Jember selain JFC juga ada wisata alam, religi maupun budaya," kata Sandiaga.

"Event JFC sukses menjadi ikon Jember. Kita juga mengirimkan pesan kepada dunia bahwa kreativitas imajinasi adaptasi dan kolaborasi Indonesia. Pak Jokowi berpesan bahwa ekonomi kita juga tumbuh 5,54 persen," sambungnya.

Ada tiga unsur untuk mendorong kepariwisataan. "Yakni biasa kita sebut 3G, di antaranya gerak cepat, gerak bersama, dan gas pol garap potensi bersama," sebutnya.

"Kita kehilangan satu juta lapangan kerja di tahun 2020. Tapi tahun ini kita ciptakan kembali 1,1 juta lapangan kerja baru. Nanti pada 2024, saya yakin kita bisa ciptakan 1,4 juta lapangan kerja baru bersama-sama. Kita tidak boleh lengah, dan tetap waspada. Kita bersama pariwisata dan ekonomi bangkit," imbuhnya.

Gubernur Khofifah juga mendukung adanya perkembangan ekonomi lewat jalur kreativitas. "JFC adalah energi kreatif dan inovatif dari bumi Jember, akan memberikan resonansi kepada Indonesia dan dunia melalui Jember Fashion Carnaval," kata Khofifah dalam sambutannya.

"Semoga semua meng-create (menciptakan, red) inovasi dan kreatif dari para designer dan para talent. Tentu UKM di Jember bisa bangkit dengan seluruh elemen strategis yang lain. Tadi saya bertanya dengan Pak Sandiaga Uno dari Kemenparekraf. JFC (disampaikan) bisa didaftarkan (dan masuk) pada katalog wisata internasional. Selamat dan sukses semua," pungkasnya.



Simak Video "Parade Busana Legacy Meriahkan Pembukaan JFC 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/sun)