Menparekraf Apresiasi Desa Wisata Tirta Agung Bondowoso

Chuk Shatu Widarsha - detikJatim
Minggu, 07 Agu 2022 21:31 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno di Desa Wisata Tirta Agung, Bondowoso
Foto: Menparekraf Sandiaga Uno di Desa Wisata Tirta Agung, Bondowoso/(Chuck Shatu Widarsa/detikJatim)
Bondowoso -

Desa wisata Tirta Agung, Bondowoso akhirnya menjadi nominator dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Desa Tirta Agung menjadi nominator bersama dengan 50 desa wisata lainnya di seluruh Indonesia.

50 nominator ini merupakan hasil dari penilaian 3.500 desa wisata seluruh Indonesia yang dilakukan Kemenparekraf. Dan Kabupaten Bondowoso mengajukan satu desa untuk dinilai.

Hasilnya, desa wisata Tirta Agung yang terletak di Desa Sukosari Kidul, Sumberwringin, Bondowoso masuk dalam nominasi desa terbaik, bersama 49 desa lainnya. Atas hasil yang dicapai ini, Menparekraf Sandiaga Uno mengapresiasinya.

"Saya sangat mengapresiasi sekali untuk Jawa Timur," kata Sandiaga Uno, saat berkunjung ke desa wisata Tirta Agung, Bondowoso, Minggu (7/8/2022).

Menurut Sandi, dari 50 desa wisata yang masuk nominasi 4 diantaranya berasal dari Jawa Timur. Artinya, hampir 10 persen dari 50 nominator desa wisata tahun ini dari Jawa Timur. Ia lantas meaparkan bahwa ada banyak manfaat dari destiasi desa wisata.

Keempat desa wisata di Jawa Timur ini yakni desa wisata Semen Blitar, lalu desa wisata Keris Saronggi Sumenep, desa wisata Pandean, Dongko Trenggalek, serta desa wisata Tirta Agung, Sumberwringin, Bondowoso.

"Ternyata memang banyak sekali manfaat desa wisata ini. Diantaranya dapat meningkatkan kesejahteraan, serta membuka peluang usaha masyarakat sekitarnya," ujar Sandi.

Sandi menambahkan, hal ini juga merupakan upaya mendukung target pemerintah menciptakan 1,1 juta lapangan kerja tahun ini, serta 4,4 juta tahun 2024.

"Oleh karena itu, saya ucapkan terima kasih semua pihak yang telah mendukung ADWI ini. Sukses untuk kita semua," pungkas Sandi.



Simak Video "Kabar Baik! Kunjungan Wisman ke RI Meroket Hingga 40 Persen"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/sun)