Trip Khusus Jelajahi Rowo Bayu Tempat Cerita Film KKN di Desa Penari

Trip Khusus Jelajahi Rowo Bayu Tempat Cerita Film KKN di Desa Penari

Ardian Fanani - detikJatim
Senin, 06 Jun 2022 15:00 WIB
Rowo Bayu Banyuwangi
Rowo Bayu Banyuwangi (Foto: Ardian Fanani/detikJatim)
Banyuwangi -

Popularitas film KKN di Desa Penari menginspirasi Komunitas Dolan Bengi mengadakan perjalanan berbayar atau trip khusus. Trip ini akan mengunjungi tempat-tempat yang diduga menjadi lokasi cerita tersebut di Banyuwangi.

Lokasi trip yakni Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Mereka meyakini, lokasi ini menjadi lokasi cerita KKN di Desa Penari.

Penggagas Dolan Bengi, Anjar mengatakan, dipilihnya Desa Bayu karena ada destinasi religi Rowo Bayu yang setting lokasinya mirip dengan cerita di KKN di Desa Penari. Apalagi, ada pengakuan Kepala Desa jika pernah terjadi peristiwa yang mirip dengan cerita KKN di Desa Penari.

"Tentu pengakuan salah satu warga juga ke Menteri BUMN Erick Thohir itu menjadi salah satu rumusan. Apalagi pengakuan dari kepada desa juga mengatakan pernah seperti itu," ujarnya kepada detikJatim, Senin (6/6/2022).

Anjar mengaku, meski banyak yang meragukan lokasi ini, namun dirinya meyakini jika lokasi ini sangat layak untuk lokasi penelusuran tempat angker.

"Ini sebenarnya wisata minat khusus ya. Yang suka dengan lokasi angker ya ini tempatnya," katanya.

Selain sendang di Rowo Bayu, lokasi angker juga terdapat di Dusun Bujuk yang ditinggalkan oleh penghuninya. Konon kabarnya, lokasi ini juga menjadi lokasi diduga KKN di Desa Penari.

"Kalau memungkinkan kita akan ke sana," katanya.

Perlu diketahui, Rowo Bayu adalah destinasi wisata minat khusus. Lokasi ini merupakan tempat pertapaan Prabu Tawangalun sebelum moksa. Di lokasi ini terdapat petilasan dan sendang yang tak pernah surut airnya. Ada pula beberapa sumber mata air yang langsung mengalir di telaga.

Diberitakan sebelumnya, misteri lokasi KKN Desa Penari perlahan mulai terungkap. Banyak yang mengaitkannya dengan kawasan Rowo Bayu Banyuwangi. Kades setempat juga membenarkannya, bahkan dia menyebut ada 2 mahasiswa yang kesurupan di sana.

Rowo Bayu berada di Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Kades Bayu, Sugito menyebut, pernah ada KKN yang digelar di wilayahnya pada 2009.

Jika kamu punya jiwa petualang, tidak ada salahnya mengikuti trip khusus ini. Petualanganmu ini nantinya bisa lho diceritakan di program Giveaway Serentak berhadiah uang tunai senilai total Rp 30 juta ++. Caranya bagaimana? Gampang, cukup ceritakan keseruanmu saat berkunjung ke Jawa Timur, di kolom komentar artikel Hal Terseru Saat Berkunjung ke Jawa Timur.



Simak Video "Menelusuri Rowo Bayu yang Dikaitkan dengan KKN di Desa Penari"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/dte)