Snapshot Patung Buddha Tidur Terbesar di Indonesia

Enggran Eko Budianto - detikJatim
Senin, 16 Mei 2022 11:58 WIB
Patung Budha tidur terbesar di Indonesia selalu ramai pengunjung setiap akhir pekan. Patung yang menggambarkan detik-detik wafatnya Budha Gautama ini berumur 29 tahun. Bagian fondasinya berhiaskan relief dengan berbagai cerita yang menarik.
Patung Buddha tidur terbesar di Indonesia/Foto: Enggran Eko Budianto/detikJatim
Mojokerto -

Patung Buddha tidur terbesar di Indonesia selalu ramai pengunjung setiap akhir pekan. Patung ini berada di Kabupaten Mojokerto.

Patung yang menggambarkan detik-detik wafatnya Buddha Gautama ini berumur 29 tahun. Bagian fondasinya berhiaskan relief dengan berbagai cerita yang menarik.

Patung Buddha tidur raksasa itu berada di dalam Maha Vihara Mojopahit di Desa Bejijong, Trowulan. Yaitu di sebelah selatan gedung Sasono Bhakti yang menjadi tempat sembahyang umat Buddha.

Pandita Maha Vihara Mojopahit, Sariyono mengatakan, sejarah pembangunan patung Buddha tidur tak lepas dari pembangunan Maha Vihara Mojopahit. Keduanya sama-sama diprakarsai Bhikkhu Viriyanadi Maha Tera. Hanya saja vihara dibangun lebih dulu.

Menurutnya, Maha Vihara Mojopahit dibangun tahun 1987, lalu diresmikan Gubernur Jatim, Soelarso pada 31 Desember 1989. Sedangkan patung Buddha tidur dibangun tahun 1993 melibatkan pematung dari Solo, Jateng, serta pematung dari Desa Bejijong dan Desa/Kecamatan Trowulan.

"Sampai 1998 patung Buddha tidur belum ada warna, masih warna semen. Pengecatan pertama kali tahun 1999," kata Sariyono kepada detikJatim, Senin (16/5/2022).

Berikut foto-fotonya:

(sun/sun)