288 Personel Diterjunkan Amankan Wisatawan yang Berkunjung ke Banyuwangi

Ardian Fanani - detikJatim
Minggu, 08 Mei 2022 15:22 WIB
288 Personel Diterjunkan Amankan Wisatawan yang Berkunjung di Banyuwangi
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Pengamanan destinasi wisata di Banyuwangi terus dilakukan seiring kedatangan wisatawan pada musim lebaran 2022. Sebanyak 288 personel dari jajaran Polresta dan Polsek jajaran dikerahkan sepenuhnya mengantisipasi keselamatan dan keamanan wisatawan.

Beberapa anggota polisi dan TNI melakukan pengamanan di sekitar Pantai Watu Dodol Kecamatan Wongsorejo. Beberapa personel polisi membawa pengeras suara, untuk mengingatkan wisatawan agar tidak mandi di sekitar pantai karena arus yang deras.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Nasrun Pasaribu mengatakan, pengamanan destinasi wisata dilakukan di 36 tempat lokasi jujugan wisatawan. Polisi melakukan pengaturan lalu lintas menuju lokasi wisata, hingga pengamanan selama wisatawan berwisata di lokasi tersebut.

"Pengaman kita lakukan menyeluruh. Iya juga membantu pengelola wisata untuk menjaga keselamatan wisatawan di Banyuwangi," ujarnya kepada detikJatim, Minggu (8/5/2022).

Khusus destinasi wisata pantai, kata Nasrun, pihaknya mengerahkan satuan polisi air dan udara (Satpolairud) Polresta Banyuwangi. Mereka juga memberikan imbauan kepada para wisatawan agar tidak mandi dan bermain di sekitar pantai, ketika ombak besar.

"Intinya kita memberikan keamanan dan kenyamanan wisatawan," tegasnya.

Tak lupa, kata Kapolresta Banyuwangi, pihaknya juga melakukan imbauan dan membagikan masker kepada wisatawan. Hal ini mengantisipasi penularan COVID-19.

"Tetap selama masih pandemi COVID-19 kita lakukan imbauan protokol kesehatan," tandasnya.

Sementara di beberapa destinasi wisata buatan, polisi juga melakukan pengamanan dan pengawasan. Seperti destinasi wisata pemandian yang banyak menyedot wisatawan pada libur lebaran tahun ini.



Simak Video "Kemenparekraf Catat Perputaran Uang saat Libur Lebaran Capai Rp 72 T"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)