Kiswah Penutup Ka'bah di Masjid Al-Fattah Tulungagung Beratnya 120 Kg

Kiswah Penutup Ka'bah di Masjid Al-Fattah Tulungagung Beratnya 120 Kg

Adhar Muttaqin - detikJatim
Selasa, 26 Apr 2022 17:35 WIB
Masjid Al-Fattah yang terdapat kiswah bersulam benang emas penutup Kabah
Kiswah bersulam benang emas penutup Ka'bah (Foto: Adhar Muttaqin/detikJatim)
Tulungagung -

Masjid Al-Fattah menjadi daya tarik umat Islam di Tulungagung. Selain karena memiliki desain modern, masjid ini dilengkapi kiswah bersulam benang emas. Kiswah ini pernah menjadi selubung Ka'bah di Arab Saudi.

Keberadaan Masjid Al-Fattah cukup mudah dijangkau, lokasinya berada di Jalan Letjen Suprapto, Kelurahan Kepatihan, Kecamatan/Kabupaten Tulungagung. Menara kotak yang menjulang tinggi menjadi penanda koordinat tempat ibadah umat muslim tersebut.

Salah satu keistimewaan masjid ini yakni ornamen berupa kiswah yang dipasang tepat di depan imam. Kiswah ini didatangkan langsung dari Arab Saudi dan pernah menjadi penutup Ka'bah di Makkah.

"Kiswah ini dulu adalah penutup Ka'bah pada tahun 2004. Beratnya sekitar 120 kilogram, informasinya yang digunakan untuk menyulam kaligrafi kiswah ini adalah benang emas," ujar Imam Masjid Al-Fattah Tulungagung, Nuraini Syaikhu, Selasa (26/4/2022).

Untuk mengamankan kiswah, pihak takmir memasangnya di balik kaca, sehingga dapat menghindarkan dari tangan jahil. Meski demikian, jemaah masjid masih dapat melihat dengan jelas.

Saat melihat desain luar, banyak yang tidak menyangka jika bangunan ini merupakan sebuah masjid. Sebab, bentuknya cukup modern dan tidak memiliki kubah.

"Masjid ini desainnya terinspirasi dari Masjid Namira Lamongan, termasuk menaranya yang futuristik. Masjid ini tanpa kubah," imbuhnya.

Menurutnya, bangunan masjid tersebut didesain oleh seorang arsitek asal Surabaya. Kata dia, jika diamati, bentuk masjid itu mirip orang sedang bersujud.

Masjid Al-Fattah yang terdapat kiswah bersulam benang emas penutup Ka'bahMasjid Al-Fattah Tulungagung (Foto: Adhar Muttaqin/detikJatim)

Keberadaan Madjid Al-Fattah sudah ada sejak tahun 1970-an dan mengalami beberapa kali renovasi. Pada 2019, seluruh konstruksi masjid dibongkar total dan dibangun dengan yang baru.

"Proses pembangunan yang baru ini sekitar dua tahun. Alhamdulillah saat ini menampung 750 jemaah, kalau masjid yang dulu hanya 300-an jemaah saja," ucap Syaikhu.

Pada momen Ramadan kali ini, umat Islam yang datang semakin banyak, bahkan saat salat tarawih sampai meluber hingga di bagian roof top.

"Yang atas itu bisa digunakan, hanya saja memang konsepnya outdoor," imbuhnya.

Keindahan dan kemewahan masjid tersebut mengundang decak kagum jemaah. Salah seorang mahasiswa UIN Syarif Ali Rahmatullah Tulungagung, Dina Miladia saat berkunjung ke Masjid Al-Fattah mengatakan, salat di masjid ini sangat nyaman.

"Ini merupakan masjid modern di Tulungagung. Di sini juga terdapat kiswah, sehingga kalau kita salat di sini serasa salat di Makkah," kata Dina.



Simak Video "Masjid Al-Fattah di Tulungagung yang Punya Kiswah Benang Emas"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/dte)