5 Destinasi yang Wajib Dikunjungi di Surabaya

Tim detikJatim - detikJatim
Minggu, 13 Mar 2022 12:43 WIB
Basement Alun-alun Suroboyo dipadati warga pada Jumat (24/12) malam. Namun, banyak pengunjung kecewa karena Basement Alun-alun Suroboyo ditutup pukul 19.30 WIB.
Alun-alun Kota Surabaya/Foto: Faiq Azmi
Surabaya -

Kota Surabaya menyimpan sejumlah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata ini pun bisa diakses dengan mudah dan tentu saja murah. Destinasi yang wajib dikunjungi di Surabaya untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan pasangan ada di sini.

Jika hendak jalan-jalan ke Surabaya saat akhir pekan, wajib banget mampir ke 5 destinasi wisata ini. Simak yuk!

1. Alun-alun Kota Surabaya

Basement Alun-alun Surabaya dibuka untuk umum mulai hari ini. Area itu pun bisa jadi destinasi wisata alternatif bagi warga dan wisatawan yang kunjungi SurabayaAlun-alun Kota Surabaya/Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom


Alun-alun Kota Surabaya merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi jika mampir ke Kota Pahlawan. Pada alun-alun yang berada di kompleks Balai Pemuda ini, pengunjung bisa berjalan-jalan sambil mengenal sejarah Kota Surabaya.

Konsep bangunan Alun-alun Surabaya ini tak hanya berfungsi sebagai wadah pertunjukkan kesenian. Namun, anak-anak Surabaya bisa mengembangkan bakat dan minat di bidang kesenian. Terlebih, di kompleks Balai Pemuda ini dilengkapi Gedung Balai Budaya, Perpustakaan, Rumah Bahasa dan Matematika.

Tak hanya itu, di sekitarnya juga dibangun taman yang indah dan dilengkapi dua air mancur dengan cahaya warna-warni.

Untuk kesini, pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis. Alun-alun Surabaya kini juga dilengkapi dengan basement atau alun-alun bawah tanah yang di dalamnya berisi sejumlah acara hingga pameran menarik.

2. Tugu Pahlawan

taman tugu pahlawan surabayaTaman Tugu Pahlawan Surabaya Foto: Tedi Permana/dTraveler

Siapa yang tak kenal dengan Tugu Pahlawan? Ikon Kota Surabaya ini sayang jika dilewatkan. Di sini pengunjung bisa mengenal lebih dekat Kota Surabaya di museum Tugu Pahlawan.

Tinggi monumen ini 41,15 meter dan berbentuk seperti lingga atau paku terbalik. Monumen ini dibangun untuk memperingati peristiwa perang 10 November 1945. Saat itu arek-arek Suroboyo berjuang melawan pasukan Sekutu bersama Belanda yang hendak menjajah kembali Indonesia.

3. Jembatan Suroboyo

Pemkot Surabaya kembali melakukan ujicoba pembukaan Jembatan Suroboyo yang dilengkapi air mancur menari. Uji coba dilakukan mulai Sabtu (22/1) kemarin.Pemkot Surabaya kembali melakukan ujicoba pembukaan Jembatan Suroboyo yang dilengkapi air mancur menari. Uji coba dilakukan mulai Sabtu (22/1) kemarin. Foto: Deny Prastyo Utomo


Ke Surabaya, pengunjung bisa mampir ke Jembatan Suroboyo atau Jembatan Kenjeran. Di jembatan ini, masyarakat bisa melihat matahari terbit hingga matahari terbenam dari atas jembatan

Tak hanya itu, di jembatan ini juga menyuguhkan panorama apik dengan pemandangan pantai dan laut yang membentang.

Di sisi kiri dan kanan juga ditanami bunga yang cantik. Selain itu, pengunjung bisa berfoto dengan banyak spot di area jembatan. Jembatan ini juga kerap menampilkan pertunjukan air mancur menari.

4. Kebun Binatang Surabaya

Pengunjung Kebun Binatang Surabaya (KBS) saat Liburan Tahun Baru 2022KBS Foto: Esti Widiyana


Destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Surabaya yakni Kebun Binatang Surabaya (KBS). Lokasinya strategis di Jalan Setail nomor 1 Surabaya, tepatnya dekat Terminal Joyoboyo.

Di sini, pengunjung bisa berfoto dengan ikon Surabaya yang berada di depan KBS. Berdiri di lahan seluas 15 hektare, KBS memiliki lebih dari 351 spesies dan lebih dari 2.000 hewan hidup. Selain itu, di dalam KBS juga tersedia banyak spot foto instagramable.

Tiket masuknya juga terbilang murah, yakni hanya Rp 15 ribu. Di masa pandemi COVID-19, KBS juga telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Selain itu, pengunjung yang masuk juga dibatasi agar tidak berjubel. Tertarik ke sana?

5. Jalan Tunjungan

Jalan Tunjungan, Surabaya telah ditetapkan kawasan wisata oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi pada Minggu (21/11). Kawasan yang diberi nama 'Tunjungan Romansa' ini dipadati warga Surabaya pada Sabtu (27/11) malam.Kawasan yang diberi nama 'Tunjungan Romansa' ini dipadati warga Surabaya/Foto: Faiq Azmi

Rek, ayo rek mlaku-mlaku nang Tunjungan! Rugi banget jika ke Surabaya tapi tak mampir ke Jalan Tunjungan. Destinasi ini menarik jika didatangi saat malam hari. Karena, di sepanjang jalan banyak lampu kerlap-kerlip yang cantik.

Selain itu, di area Jalan Tunjungan ini banyak pedagang yang menjajakan makanan khas Jatim. Ada pula sejumlah tempat nongkrong kekinian di sini.

Jika beruntung, pengunjung akan menemui sejumlah kesenian yang menghibur masyarakat di sini. Ada pula beberapa spot foto menarik dan instagramable yang sayang untuk dilewatkan.



Simak Video "Serunya Belajar Main Ski di Trans Snow World Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/hil)