Lewat Panji Galuh, Kota Kediri Kenalkan Potensi Wisata hingga Perdagangan

Andhika Dwi - detikJatim
Selasa, 01 Mar 2022 12:45 WIB
panji galuh kota kediri
Panji Galuh Kota Kediri (Foto: Andhika Dwi/detikJatim)
Kota Kediri -

Pemilihan Duta Wisata Panji Galuh Kota Kediri kembali digelar Senin (27/2/2022). Tujuannya untuk mencari sosok pemuda yang bisa mengenalkan potensi pariwisata dan perdagangan sekaligus pendidikan di Kota Kediri.

Duta wisata Panji Galuh harus bisa memberikan sumbangsih gagasan dan ide-ide kreatif untuk membawa Kota Kediri lebih baik lagi. Terlebih, sebentar lagi akan berdiri bandara dan jalan tol di Kediri.

"Saat ini eranya kolaborasi, karenanya kita harus persiapkan untuk mengambil peluang. Saya minta Panji Galuh tidak hanya bekerjasama dengan pemerintah saja namun juga dengan berbagai pihak lain," kata Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar kepada detikJatim Selasa (1/3/2022).

Pria yang akrab disapa Abu itu mengatakan bahwa Kota Kediri telah mengalami bonus demografi sejak 2 tahun lalu. Yakni lebih dari 70 persen penduduk di Kota Kediri merupakan usia produktif.

"Pelaku UMKM di Kota Kediri pun juga banyak anak mudanya. Kemarin juga Panji Galuh telah mengenalkan Kota Kediri luar biasa. Ke depan harus lebih baik lagi. Jadi tidak hanya lari namun kita bisa terbang bersama," pungkas Abu.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Olahraga Zachrie Ahmad juga berharap, para duta wisata segera memberikan sumbangsihnya dalam bersama memajukan Kota Kediri.

"Semoga setelah dikukuhkan, para pemuda-pemudi ini bisa memberikan sumbangsih ide dan tenaga demi memajukan wisata, pendidikan, dan perdagangan Kota Kediri, utamanya di masa pandemi COVID-19 ini," jelas Zachrie.

Saat malam penobatan, Panji Dickna Adi Nichola dan Galuh Shannon Michelle Bush terpilih sebagai Duta Wisata Panji Galuh Kota Kediri 2022. Sementara untuk Wakil 1 Panji Galuh adalah Panji Diego Suwele Bakari dan Galuh Heli Marlina. Kemudian, Wakil 2 Panji Galuh adalah Panji Adha Zuan Muzaqi Hamid dan Galuh Diana Rahmatul Putri.

Penghargaan juga diberikan kepada Panji Galuh Terfavorit berdasarkan polling yang diberikan kepada Panji Diego Suwele Bakari dan Galuh Heylin Erlingga. Sedangkan Panji Galuh Persahabatan berdasarkan polling antar finalis diraih Panji Mochammad Fauzy dan Galuh Berlian Astin Izulhaq.



Simak Video "Sejarah Sunan Geseng, Salah Satu Penyebar Agama Islam di Kediri"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/fat)