5 Stadion Terbesar di Jatim, Salah Satunya Tertua Se-Indonesia

5 Stadion Terbesar di Jatim, Salah Satunya Tertua Se-Indonesia

Rina Fuji Astuti - detikJatim
Rabu, 05 Okt 2022 15:08 WIB
Stadion Gelora Bung Tomo (GBT)
Stadion Gelora Bung Tomo (GBT)/Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya -

Ada banyak klub sepakbola di Jatim. Maka dari itu, ada banyak stadion juga.

Kali ini, detikJatim merangkum 5 stadion terbesar di Jatim. Ada stadion yang dilengkapi lintasan lari, ada juga yang hanya lapangan saja.

Berikut 5 stadion terbesar di Jatim:

1. Stadion Gelora Bung Tomo (GBT)

Stadion Gelora Bung Tomo adalah stadion serbaguna di Surabaya. Stadion ini dibuka pada 6 Agustus 2010.

GBT menggantikan Stadion Gelora 10 November yang mampu menampung 55.000 penonton. GBT berdiri di lahan 100 hektare dan terus berbenah dengan menambah fasilitas.

Ada tiga kelas penonton di tribun yaitu kelas standar, VIP dan VVIP. GBT kerap menuai pujian dengan berbagai keunggulan. GBT berada di Benowo, Pakal, Surabaya.

2. Stadion Kanjuruhan

Stadion Kanjuruhan adalah stadion kebanggaan warga Malang, yang menjadi markas Arema FC. Kanjuruhan berdiri di atas lahan seluas 3,5 hektare.

Ada dua kategori penonton di tribun yaitu ekonomi dan VIP. Tribun ekonomi Stadion Kanjuruhan berada di sisi utara, timur, dan selatan dengan luas 10.700 m2.

Soal kapasitas stadion kurang lebih 40.000 penonton. Stadion Kanjuruhan berada di Jalan Trunojoyo, Kepanjen, Kabupaten Malang.

3. Stadion Gajayana Malang

Stadion Gajayana merupakan stadion tertua di Indonesia, yang dibuka pada 1926. Stadion ini berada di Jalan Tangkuban Perahu, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Gajayana memiliki kapasitas kurang lebih 25.000 penonton. Kategori penonton terbagi menjadi beberapa kelas seperti ekonomi, VIP, VVIP dan utama.

Klub yang biasa menggunakan stadion ini yaitu Persema Malang. Namun demikian, Gajayana dulu menjadi tempat berkembangnya Arema FC hingga menjadi klub besar seperti sekarang.

4. Stadion Joko Samudro Gresik

Stadion kebanggaan warga Gresik ini berada di Jalan Vateran No 160, Kecamatan Kebomas, Kebupaten Gresik. Stadion Joko Samudro memiliki kapasitas 25.000 penonton dan berdiri di atas lahan 14 hektare.

Stadion ini menjadi kandang bagi Gresik United dan Putra Sinar Giri FC. Stadion Gelora Joko Samudro memiliki 2 lapangan. Lapangan utama dan lapangan mini (tempat latihan).

5. Stadion Gelora Delta

Stadion Gelora Delta didirikan pada 1984 dengan kapasitas 35.000 penonton. Tim kebanggaan warga Sidoarjo yaitu Deltras FC berkandang di stadion ini.

Sejumlah ajang besar pernah diselenggarakan di sini mulai dari PON XV hingga final divisi utama Liga Indonesia 2014. Bahkan, Gelora Delta pernah jadi saksi Indonesia juara dua kali.

Ada tiga kelas penonton di Gelora Delta yaitu ekonomi, utama dan VIP. Stadion ini berada di pusat kota Sidoarjo. Tepatnya di Jalan Pahlawan.



Simak Video "Live: Jokowi Tinjau Stadion Kanjuruhan "
[Gambas:Video 20detik]
(sun/dte)