Kata Aji Santoso Soal Rekor Persebaya Tak Pernah Menang 23 Tahun di Malang

Liga 1

Kata Aji Santoso Soal Rekor Persebaya Tak Pernah Menang 23 Tahun di Malang

Muhammad Aminudin - detikJatim
Sabtu, 01 Okt 2022 08:03 WIB
Coach Aji Santoso dan Rizky Ridho press conference jelang laga Arema-Persebaya
Coach Aji Santoso dan Rizky Ridho press conference jelang laga Arema-Persebaya(Foto: Muhammad Aminudin/detikJatim)
Surabaya -

Arema FC akan menjamu Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang. Statistik menunjukkan Bajul Ijo tak pernah menang saat melawat ke kandang Singo Edan selama 23 tahun terakhir.

Menanggapi rekor itu, Pelatih Persebaya, Aji Santoso menyakini bahwa semua rekor bisa dipatahkan. Ia kemudian mengenang saat pernah mematahkan rekor tak pernah menang melawan Persija Jakarta selama 25 tahun.

"Saya ketika latih Persebaya, patahkan Persija Jakarta. Kalau tidak salah 25 tahun (rekor tak pernah menang)," kata Aji, Jumat (30/9/2022).

Aji menambahkan saat itu Persebaya berhasil memenangkan atas Persija dengan skor 1-2. Menurutnya dalam sepakbola apapun bisa terjadi. Termasuk hal-hal di luar prediksi.

"Ketika saya (melatih Persebaya) menang 2-1. Artinya apa di dalam sepakbola tidak ada yang tidak mungkin," tegas pria yang juga pernah memperkuat Arema itu.

Meski demikian, Aji menyadari mengalahkan Arema di kandang memang sangat sulit. Apalagi dengan dukungan ribuan suporternya.

"Memang sulit untuk kalahkan Arema di kandang. Saya akan berusaha maksimal bisa curi poin. Syukur-syukur bisa menang," harapnya.

Berbeda dengan Aji, Pelatih Arema Javier Roca menganggap beban rekor tak pernah kalah saat menjamu Persebaya selama 23 tahun sebagai beban. Untuk itu, ia akan bertekad mempertahankan sekuat tenaga untuk mempertahankan rekor.

"Kita akan jaga rekor itu. Karena sebenarnya itu luar biasa, belum pernah kalah (23 tahun). Performa pemain harus ditingkatkan, untuk menjaga rekor itu. Dengan bermain beda dari sebelumnya," katanya.

"Besok harus ambil tiga poin. Kita harus jaga (rekor) karena itu tanggung jawab kita," pungkasnya.

Pertandingan antara Persebaya dan Arema FC tentunya akan berjalan cukup sengit. Sejauh ini tim berjuluk Singo Edan itu berada di peringkat 9 klasemen sementara Liga 1 2022 dengan raihan 14 poin.

Poin tersebut diraih Arema FC setelah mendapatkan empat kemenangan, dua kali hasil imbang dan empat kali kekalahan dalam 10 pertandingan yang sudah dilakoni.

Raihan yang dimiliki anak asuh Javier Roca itu terlihat lebih baik dibandingkan dengan Persebaya. Dimana Bajol Ijo hanya mampu mengumpulkan 10 poin dalam 10 laga yang telah dilakoni.

Dalam 10 laga tersebut, Persebaya meraih tiga kemenangan, satu kali imbang dan enam kali kalah. Hasilnya, tim yang dilatih Aji Santoso itu harus terima berada di peringkat 14 klasmen sementara.

Dilihat dari 5 pertandingan terakhir, Persebaya lebih banyak mendapatkan kemenangan saat menghadapi Arema FC. Selama pertemuan itu persebaya mendapatkan tiga kali kemenangan satu kali hasil seri dan kalah.

Sedangkan Arema FC hanya mendapatkan satu kali kemenangan. Kemenangan itu didapat Arema FC atas Persebaya dalam Liga 1 2019 dengan skor 4-0.

Berikut Head to Head 5 Pertandingan Terakhir Arema FC Vs Persebaya :

Liga 1 2019
Arema FC Vs Persebaya (15/8/2019) 4-0
Kanjuruhan
Arema FC Vs Persebaya (12/12/2019) 1-4
Gelora Bung Tomo

Piala Gubernur Jatim 2020
Arema Vs Persebaya (18/2/2020) 2-4
Stadion Soeprijadi

Liga 1 2021-2022
Arema FC Vs Persebaya (6/11/2021) 2-2
Stadion Manahan
Arema FC Vs Persebaya (23/2/2022) 0-1
Stadion Dipta



Simak Video "Melihat Tribun 12, Saksi Bisu Mencekam Tragedi Kanjuruhan"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)