Arema FC Akan Main Full Ball Possesion untuk Redam Persebaya

Liga 1

Arema FC Akan Main Full Ball Possesion untuk Redam Persebaya

Muhammad Aminudin - detikJatim
Jumat, 30 Sep 2022 21:49 WIB
Coach Javier Roca dan Evan Dimas di sesi press conference laga Arema FC-Persebaya
Coach Javier Roca dan Evan Dimas di sesi press conference laga Arema FC-Persebaya (Foto: Muhammad Aminudin/detikJatim)
Malang -

Duel penuh gengsi Arema FC kontra Persebaya akan tersaji di pekan ke-11 lanjutan BRI Liga 1. Singo Edan bakal mewaspadai permainan cepat Bajul Ijo.

Duel klasik antara Arema FC kontra Persebaya dihelat di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10). Kick off pukul 20.00 WIB.

Pelatih Arema Javier Roca mengaku telah menyiapkan taktik untuk meredam kecepatan anak asuh Coach Aji Santoso.

Ia menyebut telah mempelajari gaya permainan Persebaya. Menurutnya Roca, gaya itu yakni main cepat dengan umpan-umpan pendek.

"Kalau Persebaya secara detail saya tidak mungkin bocorkan di sini. Tapi paling tidak mereka sudah punya ciri khas permainan sejak 2 tahun lalu dipegang Coach Aji Santoso," ujar Roca dalam press conference jelang laga, Jumat (30/9/2022).

Roca menyebut telah mempersiapkan taktik untuk meredam gaya main Persebaya tersebut. Untuk itu, berharap anak asuhnya bisa terkoneksi satu sama lain untuk memutusnya.

"Dan kita sudah tahu mereka main cepat dan bola pendek itu harus kita antisipasi. Harapannya ada koneksi antar pemain yang akan kita coba untuk memutus itu tetapi tidak saya kasih tahu sekarang karena bisa dibaca," sambungnya.

Roca menambahkan ada hal terpenting di luar kesiapan taktik untuk menghadapi gempuran pemain muda Persebaya. Yakni Arema wajib bermain full ball possesion (penguasaan bola penuh) sehingga mampu menghadang langkah pemain Persebaya agar tak bisa mengembangkan permainan.

"Tetapi paling penting adalah permainan kita harus kokoh. Kita tahu kalau dalam satu tim yang biasanya main dengan full position. Kalau kita ambil bola mereka pasti mereka akan tidak nyaman," tegasnya.

Roca mengaku skuat Arema FC punya kesiapan cukup baik setelah jeda libur panjang usai melawan Persik Kediri. Para pemain pun punya cukup waktu untuk berlatih.

"Kita sudah latihan yang ke-10 saat lawan Persik Kediri kita 3 hari libur dan langsung latihan. Jadi sebenarnya latihan sudah matang untuk besok pemain sudah di peak performance seperti yang kita mencoba jalani selama pekan ini untuk bisa mendapat hasil yang maksimal," tegas mantan Pelatih Persik Kediri ini.

Ditanya kesiapan menghadapi pemain muda Persebaya? Roca tak mau menilai pemain dengan batas usia. Menurut Roca, para pemain itu sudah dipercaya untuk membela Persebaya musim ini.

"Seperti saya bilang kemarin sebenarnya saat sudah di lapangan pemain tidak dilihat apakah mudah atau tidak, ini 11 pemain yang mau kasih terbaik untuk Persebaya saya tidak bisa mengualifikasi apa yang akan mereka lakukan di pertandingan secara umum," papar Roca.

"Tapi secara kualitas mereka sudah dipercaya untuk menjadi Persebaya pasti mereka mempunyai kualitas yang bagus dan harus kita waspadai permainan mereka lebih dari sekedar umur," tambahnya.

Sementara itu, Evan Dimas mengaku siap menghadapi Persebaya di Kanjuruhan. Pemain juga telah banyak menerima arahan dari Roca.

"Untuk pertandingan besok saya kira sama pemain sudah siap dan coach sudah mempersiapkan apa yang harus dipersiapkan lawan Persebaya saya sebagai pemain siap dan saya inginkan mendapat tiga poin," ungkap Evan Dimas.



Simak Video "Melihat Tribun 12, Saksi Bisu Mencekam Tragedi Kanjuruhan"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)