Bonek Tak Akan ke Malang, Hormati Kesepakatan Bersama 2006

Liga 1

Bonek Tak Akan ke Malang, Hormati Kesepakatan Bersama 2006

Deny Prasetyo Utomo - detikJatim
Selasa, 27 Sep 2022 19:47 WIB
Persebaya menjamu Bali United dalam laga Liga 1 pekan kedelapan, Jumat (2/9/2022) sore. Dalam laga tersebut, Persebaya tampil dengan suntikan semangat dari ribuan Bonek.
Suporter Persebaya, Bonek/(Foto File: Deny Prastyo Utomo/detikJatim)
Surabaya -

Bonek menegaskan tak akan datang ke Malang untuk mendukung Persebaya saat menghadapi Arema FC. Bonek tetap memegang kesepakatan bersama yang ditandatangani pada 2006.

Dalam kesepakatan itu, Bonek tak akan memberi dukungan langsung ke Persebaya saat main di Malang. Sebaliknya, Aremania juga tak akan datang ke Surabaya dalam laga tandang Arema. Saat itu, kesepakatan ditandatangani di Polda Jatim.

"Sebenarnya tidak ada imbauan, karena kita masih ada kesepakatan tidak saling mengunjungi. Kita tidak mendukung secara langsung ke sana. Begitu pun sebaliknya, mereka (Aremania) tidak ke sini, untuk tetap menjaga kodusifitas kota masing-masing," kata salah satu pentolan Bonek, Husain Ghazali kepada detikJatim, (27/9/2022).

Meski demikian, pria yang akrab disapa Cak Conk itu tetap mengimbau Bonek di mana pun agar tak datang ke Malang pada Sabtu (1/10). Ia juga meminta Bonek menerima apapun hasil pertandingannya nanti.

"Dijogo Suroboyone, apa pun yang terjadi hasilnya, kita bisa menerima. Setelah kejadian GDS ayo evaluasi ke dalam kita dulur-dulur Bonek sejagad raya. Perlu mawas diri untuk menerima dengan lapang dada hasilnya," tutur Cak Conk.

Secara khusus, Cak Conk tetap berharap tim Bajul Ijo segera bangkit kembali dan meraih hasil yang maksimal di Liga 1. Dengan begitu, Persebaya bisa kembali ke papan atas Liga 1.

"Khususnya untuk Persebaya, ayo tim ini harus bangkit kembali, harus semangat dan memenangkan pertandingan selanjutnya," terang Cak Conk.

Duel antara Arema FC kontra Persebaya akan tersaji di pekan ke-11 Liga 1 2022/2023. Aremania dan panitia pelaksana (Panpel) telah menggelar rapat koordinasi (rakor) menjelang big match itu.

Laga Arema vs Persebaya akan digelar di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10). Ada 8 poin yang dihasilkan dalam rakor antara Aremania dan Panpel, demi menjaga kondusifitas di Malang Raya.

"Kami sudah melakukan rapat koordinasi dengan Aremania, setidaknya ada 8 poin dari hasil rakor tersebut. Hal itu semata-mata dilakukan untuk kepentingan bersama dan menjaga Malang Raya tetap kondusif," ungkap Ketua Panpel Arema FC, Abdul Haris kepada wartawan, Sabtu (24/9/2022).

Soal 8 poin tersebut, salah satunya menolak kehadiran suporter Persebaya di Stadion Kanjuruhan saat pertandingan. Sikap tegas itu diambil setelah mempertimbangkan banyak hal.

(abq/sun)