PSSI Puas dengan Gelaran Kualifikasi Piala Asia U-20 di Surabaya

PSSI Puas dengan Gelaran Kualifikasi Piala Asia U-20 di Surabaya

Deny Prastyo Utomo - detikJatim
Selasa, 20 Sep 2022 00:47 WIB
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengundang skuad Timnas Indonesia U-19 makan malam. Acara digelar di rumah dinas wali kota, Jalan Sedap Malam Surabaya.
Hiburan Reog di acara makan malam Timnas Indonesia U-19/Foto: Deny Prastyo Utomo/detikJatim
Surabaya -

PSSI memberikan apresiasi kepada Pemkot Surabaya. Sebab, pemkot begitu total mendukung penyelenggaraan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 Grup F.

Kualifikasi tersebut digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) mulai 14 hingga 18 September 2022.

"Atas nama PSSI, atas nama Timnas mengucapkan terima kasih. Baru kali ini, wali yang pertama menggratiskan hampir sebagian besar event, atau kebutuhan yang ada di event ini," ungkap Sekjen PSSI Yunus Nusi kepada wartawan di rumah dinas Wali Kota Surabaya, Senin (19/9/2022) malam.

"Kami mengucapkan yang tak terhingga. Beliau sangat apresiatif terhadap timnas," imbuhnya.

Yunus menambahkan, dukungan suporter di stadion membuat pemain Timnas Indonesia U-19 bersemangat. Sehingga meraih tiga kemenangan dan lolos ke Piala Asia U-20 2023.

"Yang kedua, ada tuah wali kota, ada tuah Gelora Bung Tomo, sehingga anak-anak dengan susah payah, kita lihat semangatnya begitu kuat dibarengi hampir 25 ribu suporter dari Surabaya dan sekitarnya, memberikan dukungan kepada mereka," ujar Yunus.

"Dan itulah yang kami harapkan dari federasi beberapa daerah yang ada di Indonesia. Tadi malam kita lihat bersama dukungan masyarakat Surabaya terhadap timnas sangat jelas kelihatan dan alhamdulillah anak-anak juara grup. Mudah-mudahan ini bukan (event) yang terakhir kalinya. Kami berharap event timnas ke depan akan ada di Surabaya atau di Gelora Bung Tomo," imbuhnya.

Menurut Yunus, pihaknya puas atas event yang digelar di Stadion GBT Surabaya. Terlebih, banyak suporter yang antusias dalam memberikan dukungan.

"Ya kita puas. Suporternya, displinnya, semangatnya. Kalau tribun sama stadion udah hampir sempurna. Flow-nya, kita lihat bersama tadi malam informasi yang kami terima dari staff saya, tidak sampai satu jam sudah hilang macetnya. Ada tiga pintu, keluar masuk kendaraan dengan hampir 30 ribu suporter dalam waktu satu jam, langsung cair kendaraan, tidak ada macet, itu bagian yang diharapkan oleh FIFA, untuk sebuah stadion yang representatif untuk Piala Dunia," terang Yunus.

Yunus juga memastikan, hingga saat ini Stadion GBT masih masuk nominasi untuk menggelar Piala Dunia U-20 tahun depan.

"Insyaallah sampai saat ini masih enam yang nominasi yang telah terdaftar di FIFA. Salah satunya Bung Tomo," ungkap Yunus.

"Secepatnya akan diumumkan oleh FIFA. Kemarin (sidak) terakhir dari FIFA, tadi pagi presentasi dan alhamdulillah FIFA menyampaikan progresif.

Menurut Yunus, tim FIFA sudah dua bulan di sini. Mereka kaget karena akses menuju GBT sudah selesai. Aroma tidak sebab di stadion juga sudah hilang.

"Itu mereka juga kaget, dibuat apa, sehingga seperti ini pembangunannya. Dan itulah pekerjaan Pak Wali Kota yang berharap masyarakat Surabaya khususnya dan masyarakat Jawa Timur juga menyaksikan Piala Dunia di Jawa Timur tahun depan," pungkas Yunus.



Simak Video "Iwan Bule Ungkap Alasan KLB PSSI Dipercepat"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/sun)