Liga 1

Persik Ditekuk Borneo FC 1-2, Suporter Teriak Arthur Irawan Out

Andhika Dwi - detikJatim
Jumat, 12 Agu 2022 20:35 WIB
Pemain Persik dijaga ketat aparat usai laga
Foto: Pemain Persik dijaga ketat aparat usai laga/(Andhika Dwi/detikJatim)
Kediri -

Tuntas sudah laga Persik Kediri dan Borneo FC. Pada laga pekan keempat lanjutan BRI Liga 1 Macan Putih ditekuk Pesut Etam dengan skor 1-2.

Pertandingan anta Persik dan Borbeo berlangsung terbuka sejak menit awal. Kedua tim masing-masing sempat menciptakan peluang. Namun masih belum menemui sasaran. Skor 0-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Persik bermain tanpa didampingi oleh pelatihnya, Javier Roca. Pria asal Cile itu dikabarkan telah mengundurkan diri. Namun sejauh ini belum ada konfirmasi resmi dari klub.

Babak kedua bergulir, Persik yang didampingi asisten pelatih Johan Prasetyo melakukan pergantian sejumlah pemain. Pergantian itu ternyata membawa hasil.

Gol Persik tercipta lewat melalui Yusuf Meilana yang memanfaatkan umpan Ferinando Pahabol pada menit ke-64. Skor 1-0 untuk tuan rumah.

Tapi keunggulan Persik Kediri hanya berlangsung sekitar 2 menit saja. Sebab Borneo FC mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-66 melalui Matheus Pato melalui bola mati.

Pato kembali mencetak gol pada menit ke-77. Ia membuat brace dan membalik keadaan untuk keunggulan Borneo. Skor 1-2 ini bertahan hingga laga tuntas.

Kekalahan Persik ini berbuntut panjang. Karena sejumlah suporter melakukan lemparan botol ke tengah lapangan dari tribun utara. Mereka tampak kecewa dengan kekalahan tim pujaannya.

Melihat hal itu, petugas kepolisian yang berjaga di lokasi segera melakukan pengamanan. Polisi juga sempat mengalihkan arus dan akses jalan di luar stadion yang menuju ke arah barat.

Hal ini untuk mengantisipasi tindakan anarkis suporter di mess pemain yang berjarak 500 meter. Ini karena sekitar 100 Persikmania memilih bertahan di dalam area stadion sambil meneriakkan 'Arthur Irawan out'.

Susunan pemain:

Persik Kediri: 31-Dikri Yusron; 37-Agil Munawar, 4-Fisabillah (Muhamad Ridwan 88'), 32-Rohit Chand, 7-Yusuf Meilana; 8-Arthur Irawan (Ady Eko Jayanto 46'), 86-M. Taufiq (Krisna Bayu Otto Kartika 55'), 89-Rahel Radiansyah (Ferinando Pahabol 55'), 10-Renan Silva, 22-Riyatno Abiyoso; 88-Joanderson (Arsyad Yusgiantoro 69')

Borneo FC Samarinda: 99-Dwi Kuswanto; 56-Fajar Fathurrahman, 19-Javlon Guseynov, 4-Wildansyah (Agung Prasetyo 63'), 24-Diego Michiels: 12-Hendro Siswanto, 8-Kei Hirose, 14-Stefano Lilipaly (Sihran Amarullah 90+2')
; 28-Terens Puhiri, 10-Jonathan Bustos, 7-Matheus Pato (Ahmad Nur Hardianto 89')

(abq/sun)