4 Jalan di Kota Malang Akan Ditutup Saat HUT Ke-35 Arema FC

Muhammad Aminudin - detikJatim
Selasa, 09 Agu 2022 10:36 WIB
Pengalihan arus lalin saat HUT ke-35 Arema FC di Malang
Foto: Pengalihan arus lalin saat HUT ke-35 Arema FC di Malang (Tangkapan layar)
Malang -

Empat ruas jalan di Kota Malang bakal ditutup saat peringatan HUT ke-35 Arema FC. Perayaan akan dipusatkan di kawasan Kayutangan Heritage atau di Jalan Basuki Rahmat.

Rekayasa arus lalu lintas bakal diberlakukan saat penutupan mulai 10 Agustus 2022 pukul 19.00 WIB sampai 11 Agustus 2022 dini hari.

Empat ruas jalan yang dilakukan penutupan itu adalah Jalan Basuki Rahmat, Jalan Kahuripan, Jalan Kertanegara, dan Jalan Tugu atau depan Balai Kota Malang.

"Penutupan diberlakukan mulai pukul 19.00 WIB sampai dengan pukul 01.00 WIB. Karena peringatan HUT ke-35 Arema FC dipusatkan di kawasan Kayutangan Heritage," ujar Kasatlantas Polresta Malang Kota Kompol Yoppi Anggi Khrisna kepada wartawan, Selasa (9/8/2022).

Yoppi menyebut rekayasa arus lalu lintas akan diberlakukan selama penutupan empat ruas jalan tersebut. Sehingga arus lalu lintas dapat berjalan normal.

Rekayasa lalin yang diterapkan adalah untuk kendaraan dari arah utara ke selatan bisa melintas di Jalan Jaksa Agung Suprapto dan berbelok ke kanan menuju Jalan Buring dan ke Jalan Bromo.

Sementara kendaraan melintas dari arah selatan ke utara dapat melalui Jalan Hasyim Asyari lanjut ke Jalan Ijen. Atau menuju Jalan Hasyim Asyari kemudian berlanjut ke Jalan Arif Rahman Hakim.

selanjutnya menuju Alun-Alun Merdeka Utara berlanjut ke Jalan Merdeka Timur menuju Jalan Agus Salim dan Jalan Gatot Subroto.

Lalu kendaraan dari Jalan Zainul Arifin ke barat diarahkan ke kiri menuju Jalan Merdeka Timur. Selain rekayasa lalu lintas, Polresta Malang Kota juga menyiapkan kantong-kantong parkir bagi Aremania ataupun masyarakat yang ingin hadir di Kayutangan Heritage saat perayaan HUT Arema FC.

"Kami siapkan enam kantong parkir, yaitu area parkir Stadion Gajayana, Jalan Pattimura, Alun-Alun Merdeka, kawasan Jalan Pajajaran, dan Korem 083 Baladhika Jaya atau di Jalan Bromo Selatan. Sementara khusus panitia dapat memarkir kendaraan di Kodim 0833/Kota Malang," beber Yoppi.

Demi kelancaran arus lalu lintas, Polresta Malang Kota juga akan melakukan pengawalan Aremania dan Aremanita yang datang dari luar kota. Sejumlah personel akan disiapkan di tapal batas Kota Malang hingga menuju kawasan Kayutangan Heritage.

Yoppi berharap adanya pengertian dari masyarakat terkait kegiatan tersebut. Sehingga dapat menggunakan jalur-jalur alternatif selama pengalihan arus lalu lintas dampak penutupan empat ruas jalan.

"Kami berharap masyarakat bisa memanfaatkan jalur-jalur alternatif, agar tidak terjebak kepadatan. Lebih baiknya bila tidak memiliki keperluan penting atau urgent tak keluar rumah. Kami berharap adanya pengertian dari masyarakat," pungkas Yoppi.

(abq/sun)