Sate Kuda Ponorogo Dijamin Tak Alot, Pemilik Warung Bongkar Rahasianya!

Sate Kuda Ponorogo Dijamin Tak Alot, Pemilik Warung Bongkar Rahasianya!

Charolin Pebrianti - detikJatim
Rabu, 28 Sep 2022 14:40 WIB
Sate kuda Ponorogo
Sate dan Gule Kuda di Ponorogo. (Foto: Charolin Pebrianti/detikJatim)
Ponorogo -

Daging kuda selama ini dikenal lebih alot dibandingkan daging sapi dan kambing. Namun, penjual sate kuda di Ponorogo punya cara sendiri dalam menyajikan daging kuda agar teksturnya lebih empuk.

Putut Wibisono, penjual sate kuda di Jalan Dieng nomor 15, Kelurahan Bangunsari, Kecamatan Ponorogo punya trik untuk mengempukkan daging kuda. Bapak dua orang anak ini pun tak pelit membagi rahasianya.

Kepada detikJatim, Putut menyebut, cara mengolah daging kuda supaya empuk cukup sederhana. Yakni dengan merendam daging kuda ke dalam air nanas muda selama 5 menit.

"Cara paling ampuh dengan merendam di dalam air nanas yang muda, warna hijau itu selama 5 menit," terang Putut, Selasa (27/9/2022).

Pria 42 tahun ini mengaku sudah menggeluti usaha kuliner daging kuda sejak 15 tahun lalu. Awalnya, dia pun sempat bergonta-ganti cara untuk mengempukkan daging.

"Dulu sempat pakai obat batuk, empuk dagingnya tapi terlalu banyak kimia," kata Putut.

Akhirnya dia mencoba cara lain yakni dengan menggunakan daun pepaya. Namun dagingnya terasa bau pahit.

"Terus ada yang bilang pakai nanas muda yang masih hijau itu, saya parut, campur air. Direndam dagingnya, 5 menit saja sudah empuk," jelas Putut.

Namun, jika terlalu lama merendam daging kuda dengan air nanas, daging pun bisa gampang hancur. Akhirnya, Putut menemukan waktu pas, yakni selama 5 menit saja.

"Kalau terlalu lama direndam air nanas, dagingnya juga bisa protol," ujar Putut.

Menurutnya, dia tidak pelit berbagi ilmu untuk melunakkan daging kuda. Sebab, meski sudah dapat ilmunya, bahan baku daging kuda pun saat ini susah.

"Ya saya nggak pelit ilmu bagi resep ini, kan bahan bakunya (daging kuda) susah juga, jadi aman saja," tukas Putut.



Simak Video "Ini Dia Kuliner Ekstrem Sate Kuda dan Satu-satunya di Ponorogo"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/dte)