Legit dan Manisnya Tape Ketan Bungkus Daun Jambu Air Khas Desa Suci Gresik

Jemmi Purwodianto - detikJatim
Sabtu, 24 Sep 2022 16:03 WIB
Tape Ketan Bungkus Daun Jambu
Tape Ketan Bungkus Daun Jambu/ Foto: Jemmi Purwodianto/detikJatim
Gresik -

Gresik memiliki beragam makanan khas. Dua kuliner Gresik yang paling terkenal adalah Nasi Krawu dan Pudak.

Tahukah Anda jika Gresik memiliki kekayaan kuliner lainnya, yakni Tape Ketan? Seperti apakah itu? Berikut penjelasannya.

Tape Ketan merupakan makanan ringan yang berbahan dasar tapai (tape) dan beras ketan yang difermentasi. Salah satu produsen makanan khas Jawa Timur ini berasal dari Desa Suci, Manyar, Gresik.

Tampilan tape ketan ini berwarna hijau dan teksturnya lengket. Uniknya, tape ketan ini dibungkus menggunakan daun jambu air.

Tim detikJatim pun berkesempatan mencicipi Tape Ketan. Rasanya legit, juicy, dan tidak asam seperti kudapan yang difermentasi pada umumnya. Aromanya pun sangat khas karena dibungkus daun jambu air.

Salah satu pembuat Tape Ketan adalah Muslih (64) warga Desa Suci, Manyar, Gresik. Dia mengaku sudah menjual makanan itu selama 15 tahun. Mulanya, Tape Ketan ini merupakan kudapan yang dihidangkan saat ritual Rebo Wekasan di desa setempat

"Dulu makanan ini menjadi makanan khas warga di sini waktu acara Rebo Wekasan. Lalu, banyak masyarakat yang berminat, jadi saya membuat dan menjualnya," kata Muslih, Sabtu (24/9/2022).

Dalam sehari, Muslih bisa menjual 10 bungkus tape. Untuk pembelian, Muslih hanya menerima pesanan karena waktu proses pembuatannya yang memakan waktu hingga 3 hari.

"Setiap bungkus, saya jual Rp 18 ribu. Satu bungkus isinya 17 biji. Untuk pembuatannya ya satu hari bisa. Yang lama itu fermentasinya, 3 hari" tutur Muslih.

Muslih mengungkapkan alasan memilih daun jambu air untuk bungkus Tape Ketan. Yakni karena pohon jambu di sekitar rumahnya sangat berlimpah. Dia pun memanfaatkannya.

"Dulu itu memang dari daun pisang. Tapi semenjak saya nggak punya daun pisang, saya menggunakan daun jambu air ini. Pohon jambu di rumah ada banyak, tapi yang penting itu saat dimakan ada aroma jambu dalam sebungkus Tape Ketan buatan saya," tutup Muslih.



Simak Video "Menyantap Rujak Cingur dengan Suasana Seperti di Rumah Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/dte)