Serba-serbi Sate Madura: Sejarah hingga Resepnya

Serba-serbi Sate Madura: Sejarah hingga Resepnya

Tim detikJatim - detikJatim
Kamis, 22 Sep 2022 14:19 WIB
5 Warung Sate Ayam Madura di Jakarta untuk Santap Siang
Sate Madura/Foto: iStock
Surabaya -

Mana penggemar kuliner sate? Kudapan yang terbuat dari potongan daging kecil-kecil ini menjadi favorit banyak orang di Indonesia.

Umumnya, sate terbuat dari daging ayam atau sapi. Tusukan-tusukan daging itu lantas dipanggang menggunakan bara arang.

Saat matang, sate biasanya disiram dengan saus kacang dan kecap yang telah diberi bumbu. Daging sate yang empuk akan berpadu dengan gurihnya bumbu sate, menjadikan kudapan ini lezat di setiap gigitan.

Ada banyak kuliner sate di Indonesia. Mulai dari Sate Madura, Sate Padang, Sate Maranggi, Sate Ponorogo, dan lain-lain. Tiap sate dari berbagai daerah memiliki ciri khas masing-masing.

Bagaimana dengan Sate Madura? Simak penjelasannya di sini.

Asal-usul Sate Madura

Melansir dari buku Makanan Tradisional Indonesia Seri 1 karya Eni Harmayani dkk, penyebutan Sate Madura bukan karena sate ini diciptakan di Madura. Melainkan karena identitas penjualnya yang merupakan orang Madura.

Sate Madura sendiri adalah sate ayam. Namun, Sate Madura memiliki perbedaan dari sate ayam lainnya, baik dari segi pengolahan bahan maupun bumbu dalam sausnya.

Sate Madura terbuat dari potongan daging ayam mentah, lalu dibakar hanya dengan kecap saja. Lantas diberi saus kacang yang disiram di atas sate yang sudah matang.

Sebagai pelengkapnya, bisa ditambahkan irisan bawang merah mentah atau goreng, cabai rawit, dan potongan tomat sesuai selera.

Sementara itu, dalam buku Profil struktur, bumbu, dan bahan dalam kuliner Indonesia karangan Murdijati Gardjito dkk dijelaskan bahwa Sate Madura biasanya disajikan dengan irisan lotong.

Selain itu, saus yang digunakan pada Sate Madura tidak selalu saus kacang. Terkadang, mereka menggantinya dengan saus kemiri.

Jika sedang berada di Jawa Timur, Anda pun dapat dengan mudah menemukan penjual Sate Madura. Biasanya, mereka menjajakannya dengan gerobak.

Sate Madura tidak selalu menggunakan Daging Ayam

Selain sate ayam, ada jenis sate lain yang terkenal di Madura. Yaitu Sate Komoh. Sate ini menggunakan daging sapi bagian has dalam atau punggung sapi. Karenanya, tekstur sate komoh sangat empuk.

Pada pembuatan sate komoh, potongan daging sapi dimasak bersama santan dan beberapa bumbu lain. Kemudian daging ditusuk dengan tusukan sate dan dibakar. Sementara sausnya menggunakan saus kacang.

Baca Resep Sate Madura di halaman selanjutnya