Aroma Rempahnya Menggoda, Icip Lezatnya Sego Kalongan Khas Babat Lamongan

Aroma Rempahnya Menggoda, Icip Lezatnya Sego Kalongan Khas Babat Lamongan

Eko Sudjarwo - detikJatim
Sabtu, 24 Sep 2022 12:58 WIB
Sego Kalongan
Sego Kalonga. (Foto: Eko Sudjarwo/detikJatim)
Lamongan -

Salain Wingko, Babat, Lamongan ternyata punya kuliner khas lainnya yang rasanya tak kalah mantap. Selain itu, singgahlah sejenak untuk mencicipi kuliner khas Babat lainnya, yakni Sego Kalongan.

Sego Kalongan adalah kuliner nasi campur yang berasal dari Dusun Kalongan, Kelurahan Banaran, Kecamatan Babat. Makanan khas Jawa Timur ini sejatinya adalah nasi campur dengan aneka lauk.

Anda bisa menemukannya di Warung Sego Kalongan Ibu Sundari. Lokasinya di tepi Jalan Raya Babat-Jombang, tepatnya di Dusun Lamongan.

Warung ini termasuk legendaris karena berdiri sejak tahun 1970. Pendirinya adalah Mbah Semu.

"Diberi nama sesuai daerahnya, yaitu Kalongan karena dulu itu pembeli mencari penjual nasi yang rumahnya di Dusun Kalongan," kata Sundari, pemilik Sego Kalongan kepada detikJatim (24/9/2022).

Sego KalonganWarung Sego Kalongan Ibu Sundari Foto: Eko Sudjarwo

Sundari adalah generasi ketiga dari Mbah Semu. Menurut Sundari, dulunya, Mbah Semu menjajakan Sego Kalongan dengan cara digendong dan berkeliling di sekitar Pasar Babat.

"Dulu sebelum ada tempat seperti ini, ya dijual dengan cara digendong berkeliling di sekitar Pasar Babat," ujar Sundari.

Penyajian Sego Kalongan

Sundari pun menunjukkan penyajian Sego Kalongan ini. Mulanya, Sundari mengambil selembar daun pisang untuk alas nasi dan lauk.

Setelah mengambil nasi, mulailah lauk dan sayur ditambahkan. Yakni sayur urap dan aneka lauk yang bisa dipilih sesuai selera. Seperti krengsengan daging atau sambel goreng, bali tahu, ayam, telur, sayur lodeh, atau botok ikan gabus.

"Menu awal nasi Kalongan dulu berupa krengsengan daging, ayam dan telur, sayurnya lodeh terong. Kalau sekarang sudah banyak menu lauk lain sesuai permintaan pelanggan," terang Bu Sun yang mengaku tetap mempertahankan cita rasa sejak awal berdiri hingga saat ini.

detikJatim pun berkesempatan untuk mencicipi kuliner ini. Aroma rempah dan manisnya membuat pecinta kuliner nasi campur langsung tergoda sebelum menyantapnya.

Saat nasi, lauk, dan sayurnya disatukan lalu dimakan, kelezatannya langsung menyatu di tiap gigitan. Daun pisang juga semakin menambah kesedapan kuliner ini.

Bagi peggemar makanan khas Jawa Timur, Anda tak boleh melewatkan kuliner ini saat berkunjung ke Babat. Warung ini beroperasi pukul 07.00 hingga 15.00 WIB. Ayo kulineran, rek!



Simak Video "Menyantap Rujak Cingur dengan Suasana Seperti di Rumah Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/dte)