Sejarah Kedai Es Krim Zangrandi Surabaya yang Legendaris

Tim detikJatim - detikJatim
Jumat, 16 Sep 2022 15:07 WIB
Es krim legendaris di Surabaya.
Kedai Es Krim Zangrandi/Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikJatim/file
Surabaya -

Saat di Surabaya, jangan lupa untuk berwisata kuliner. Salah satu tempat kuliner di Surabaya menyediakan makanan penutup atau dessert yang legendaris, yakni Zangrandi.

Zangrandi merupakan kedai es krim yang legendaris dan masih eksis hingga kini. Lokasinya berada di Jalan Yos Sudarso 15, depan Balai Pemuda Surabaya.

Kedai ini menyediakan beragam menu es krim klasik dengan cita rasa yang khas. Seperti es krim tutti-frutti, kopyor, dan lain-lain. Selain itu, kedai es krim Zangrandi termasuk sebagai bangunan cagar budaya.

Sejarah Es Krim Zangrandi

Zangrandi telah berdiri sejak 1930 oleh Roberto Zangrandi, yakni orang Italia yang menetap di Surabaya. Es krim itu diracik oleh Nyonya Roberto Zangrandi. Lantas, kedai es krim itu diberi nama Mevrouw Zangrandi.

Namun, keluarga Zangrandi harus pulang ke Italia pada 1960. Toko dan resep es krimnya lalu dibeli sahabatnya, warga lokal yang bernama Adi Tanumulia.

Sejak dibeli Adi Tanumulia, nama kedai berganti menjadi Graha Es Krim Zangrandi. Cita rasa es krim Italia pun tetap dipertahankan sejak pertama kali berdiri.

Wisata Kuliner Eskrim Zangrandi di SurabayaVarian Es krim Zangrandi Surabaya Foto: Widi Arini/d'traveler

Varian Rasa Es Krim Zangrandi

Selain terkenal karena legendaris, menu di es krim Zangrandi juga terkenal sangat lezat. Varian favorit pelanggan saat makan es krim Zangrandi adalah rasa buah-buahan.

Awalnya, es krim Zangrandi memiliki 4 rasa. Yakni cokelat, vanila, stroberi, dan moka.

Seiring berjalannya waktu, varian rasa makin beragam. Seperti tutti frutti, macadonia, kopyor, raspberi, durian, hingga es krim soda

Selain itu, es krim Zangrandi dikenal tidak menggunakan pengawet. Anda juga bisa memesan beragam makanan ringan untuk menemani santap es krim.

Baca Kedai Es Krim Zangrandi yang jadi Bangunan Cagar Budaya di halaman selanjutnya