Cireng Isi Ayam Suwir di Kota Blitar, Pedas-Nagihi!

Fima Purwanti - detikJatim
Minggu, 17 Jul 2022 13:14 WIB
cireng isi ayam suwir
Cireng isi Ayam Suwir (Foto: Fima Purwanti/detikJatim)
Blitar -

Bersantai di akhir pekan bisa menjadi alternatif untuk mengurangi lelah setelah bekerja. Salah satunya dengan mencicipi beragam kuliner yang ada di Kota Blitar. Seperti kudapan Cireng Ayam Suwir yang cocok disantap saat siang atau sore hari. Berikut ulasannya.

Cireng adalah camilan khas Sunda yang memiliki kepanjangan aci (tepung kanji) goreng. Makanan ringan ini memiliki tekstur krispi di luar dan kenyal di dalam. Rasanya pun gurih karena terbuat dari adonan tepung kanji yang dipadu bawang putih.

Pada salah satu kedai kopi di Kota Blitar, ada menu cireng yang dikreasikan dengan isian daging ayam suwir. Ras ayam suwir yang pedas, semakin menambah cita rasa camilan ini.

"Biasanya kan kalau cireng itu ya gitu-gitu aja. Tapi di sini kami bikin yang beda, ada isianya. Yaitu daging ayam suwir yang dibumbu pedas," ujar salah satu karyawan Jasmine Coffee, Lahir Setiya saat dijumpai detikJatim, Minggu (17/7/2022).

Harganya pun juga ramah dikantong, yakni Rp 10 ribu per porsi. Tak heran jika Cireng Ayam Suwir ini menjadi favorit para pelanggan sebagai pelengkap minum kopi.

"Biasanya pelanggan mencocol cireng dengan saus sambal, saus tomat atau saus kecap. Kami juga sediakan itu," katanya.

Menurut Lahir, pembuatan cireng isi ayam, hampir sama seperti saat membuat cireng pada umumnya. Bedanya, ayam suwir dimasukkan saat adonan cireng siap dibentuk. Selanjutnya, digoreng sampai matang dan siap disajikan.



Simak Video "Pasutri di Blitar Menganiaya Balita hingga Luka Sekujur Tubuh"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/fat)