Kabar Kuliner

Berhenti Ngopi Sebulan, YouTuber Ini Terkejut dengan Hasilnya

Tim detikFood - detikJatim
Jumat, 15 Jul 2022 18:26 WIB
YouTuber Ini Berhenti Minum Kopi Selama Sebulan, Hasilnya Mengejutkan!
YouTuber yang puasa minum kopi/Foto: YouTube Cam Jones
Surabaya -

Berhenti minum kopi selama sebulan ternyata memiliki dampak luar biasa bagi tubuh. Hal ini yang coba dilakukan Cam Jones, YouTuber asal Kanada. Saat ia berhenti minum kopi selama sebulan, Cam mendapatkan hasil yang mengagetkan.

Kandungan kafein ini kerap dijadikan senjata agar tetap melek saat bekerja, terlebih di pagi hari. Banyak orang sulit melepas kebiasaan minum kopi yang katanya membuat semangat saat pagi hari.

Dilansir dari detikFood, Cam pun membuat video dengan challenge tidak minum kopi selama 30 hari penuh. Ia juga menjelaskan bagaimana rasanya saat tubuhnya berhenti minum minuman yang mengandung kafein itu.

Tantangan 30 Hari Tanpa Kopi

YouTuber Cam Jones yang memiliki subscribers lebih dari 300 ribu ini menjelaskan dirinya ingin ikut tantangan puasa ngopi selama 30 hari. hal itu diungkapkan lewat kanal YouTube Goal Guys.

"Dilihat dari bagaimana tergantungnya saya terhadap kopi untuk berfungsi sepanjang hari. Saya sudah membayangkan yang terburuk dari puasa kopi. Tapi kalau memang puasa kopi ini bisa membantu mengembalikan jadwal tidur saja, dan keseimbangan energi saya, maka semuanya tidak akan sia-sia," ungkap Cam Jones.

Selama 30 hari itu, Jones merekam aktivitasnya dari hari pertama hingga terakhir.

Hidup Tanpa Kopi Bagi Penggemar Kopi

Dengan minum teh rooibos yang bebas kafein, Cam mulai mengubah kebiasaannya dengan cara itu.

"Awalnya biasa saja. Tapi beberapa jam setelah saya kerja, saya mulai merasa lelah dan lemas karena tidak mengonsumsi kafein. Saya semakin lelah karena tidak bisa minum kopi," ungkap Cam.

Harapan tidur lebih cepat nyatanya tak ia dapatkan. Meski dia sudah berhenti minum kopi, dirinya masih saja kesulitan tidur di minggu pertama.

Jadi Sulit Fokus Saat Bekerja

Cam justru merasa sulit untuk fokus saat bekerja di minggu pertama. Akhirnya ia mulai mengganti rutinitasnya. Seperti jadi rajin tidur siang, perbanyak minum air putih, mulai rutin olahraga ringan, dan menyantap makanan yang sehat. Hal itu ia lakukan demi menghilangkan ketergantungannya pada kopi.

Agar tidak ngantuk di pagi hari. Alih-alih minum kopi, dirinya mandi dengan air dingin agar lebih semangat.

Setelah menyelesaikan tantangan 30 hari tanpa meminum kopi sama sekali. Cam memberikan pernyataan yang cukup mengejutkan.

Menurutnya dia merasa tidak ada gunanya dan tidak ada manfaatnya puasa kopi selama 30 hari. Kecuali di bagian dirinya jadi lebih hemat, karena tidak harus mondar-mandir beli kopi di kafe langganannya.

"Saya benar-benar tidak bisa melihat adanya manfaat dari berhenti minum kopi sepenuhnya. Sebenarnya sama seperti hal lainnya, jika diminum atau dikonsumsi terlalu berlebihan kopi memang akan berbahaya. Tapi lewat pengalaman ini, saya bisa membuktikan bahwa kafein bisa menjadi alat yang bagus untuk tubuh jika digunakan dengan benar," pungkas Cam.

Tips Minum Kopi Sehat

Cam menjelaskan, setelah 30 hari tanpa kopi. Dirinya tak langsung kalap minum kopi sepuasnya.

Ia mulai mengonsumsi kopi dan kafein lagi dengan takaran yang minimalis. Ia juga menyelipkan agenda minum kopi di jam 2 siang, agar dirinya lebih fokus saat bekerja.

"Metode ini lah yang menurut saya memiliki efek positif pada tingkat energi tubuh saya dalam sehari, dan juga meningkatkan kualitas tidur saya," tutupnya.

Agar kopi lebih sehat, bisa hindari penggunaan gula atau pemanis berlebihan. Sampai batasi konsumsi kopi maksimal 5 cangkir per hari agar tidak menimbulkan efek samping pada kesehatan nantinya.



Simak Video "Mencicipi Kopi di Festival Coffee Rajadesa Art and Culture"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/dte)