Kabar Kuliner

Simak 4 Tips Bikin Kuah Bakso Gurih, Tidak Hanya Sekadar Merebus Daging

Tim detikFood - detikJatim
Minggu, 10 Jul 2022 17:15 WIB
bakso. indonesian meatball served with soup and noodle
Ilustrasi bakso (Foto: iStock)
Surabaya -

Salah satu olahan daging sapi yang jadi favorit saat Idul Adha adalah Bakso. Saat membuat kuah kaldu untuk bakso, Anda jangan sekadar merebus daging. Ada beberapa trik yang perlu dilakukan agar kuah kaldu jadi bening dan gurih. Simak penjelasan berikut.

Kaldu merupakan larutan saripati daging dan lemak yang direbus. Dalam seporsi bakso, kaldu menjadi faktor penting. Sebab, kaldu merupakan penentu cita rasa kuah bakso.

Namun, membuat kaldu tidak hanya sekadar merebus daging saja. Agar rasanya gurih dan sedap, perlu sejumlah tips. Mulai dari pemilihan daging dan pemberian bumbu.

Berikut 4 cara membuat kuah kaldu bakso dilansir detikFood.

1. Pakai Daging Berlemak

Agar rasa kuah kaldu bakso jadi enak dan gurih, sebaiknya menggunakan daging sapi yang ada lapisan lemaknya. Atau bisa juga menggunakan tetelan daging sapi dengan potongan lemak.

Penggunaan lemak jadi kunci agar rasa kaldu lebih gurih. Namun, jangan terlalu banyak karena bisa membuat kuah kaldu jadi terlalu berminyak dan terlalu gurih.

2. Rebus dengan api kecil

Rebus potongan daging dan lemak tersebut di air yang mendidih. Didihkan sebentar, lalu angkat dan buang air perebusan tadi beserta dengan kotoran yang tertinggal.

Setelah itu, rebus kembali daging dan lemak dengan air secukupnya hingga teksturnya jadi empuk. Sebaiknya menggunakan api kecil saat merebus agar air rebusan bergolak kecil dan kaldu daging jadi jernih dan gurih.

3. Bumbui dengan bawang putih

Pemberian bumbu juga menjadi kunci agar kuah kaldu bakso jadi sedap. Untuk bumbunya bisa menggunakan bawang putih yang dicincang, kemudian ditumis.

Gunakan bawang putih secukupnya. Setelah ditumis, masukkan bumbu ke dalam kaldu, tambahan juga merica butiran dan beberapa batang daun bawang yang diiris kasar.

Agar rasa kaldu jadi gurih seimbang, bisa ditambahkan 1-2 sendok makan kaldu ayam bubuk. Cara ini sering dilakukan oleh pedagang bakso.

4. Saring Kaldu

Setelah daging sudah empuk, matikan api dan diamkan kuah kaldu sampai agak dingin. Lalu, saringlah kuah kaldu tersebut. Warna kuah kaldu ini akan berwarna kecokelatan dan keruh.

Berbeda dengan kuah kaldu tulang yang bening dan berminyak. Namun, rasanya lebih gurih kuah kaldu daging daripada kuah kaldu tulang.

Tambahkan garam terakhir setelah ditambahkan bakso daging dimasukkan direbus, agar rasanya tidak terlalu asin. Karena bakso daging rasanya juga sudah gurih.



Simak Video "Jajal Kuliner ala Timur Tengah, Rempahnya Nendang!"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/iwd)