Ayo Makan Lontong Kupang Enak Sambil Momong Anak di Pantai Kenjeran Bund

Hilda Meilisa Rinanda - detikJatim
Rabu, 26 Jan 2022 12:08 WIB
lontong kupang Pantai Kenjeran
Lontong kupang (Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Surabaya -

Berkunjung ke Pantai Kenjeran, tak lengkap rasanya jika tak mencicipi kudapan khasnya. Di Kenjeran terkenal dengan kuliner lontong kupang yang rasanya lezat dan gurih. Penasaran?

Tak sulit untuk mencari lontong kupang di wilayah Kenjeran. Karena, di area pantai banyak penjual yang berjajar rapi menjajakan lontong kupang. Seporsi lontong kupang bisa disantap sambil menikmati suasana Pantai Kenjeran yang sendu.

Di Surabaya, lontong kupang menjadi kuliner yang cukup banyak peminatnya. Bagaimana tidak, dalam sepiring lontong kupang, tercipta rasa makanan yang gurih, segar dan membuat lidah tak berhenti untuk mengunyah.

Saat menyiapkan lontong kupang, penjual akan menguleg bawang putih goreng dengan cabai dan petis di piring. Lalu, ditambah irisan lontong dan remukkan lentho atau parutan singkong yang dibentuk bulat dan digoreng.

Lalu, sepiring lontong diberi siraman kuah gurih berisikan kupang atau sejenis kerang yang ukurannya kecil.

lontong kupang Pantai KenjeranSate kerang. Foto: Hilda Meilisa Rinanda

Tak selesai di situ, lontong kupang disajikan dengan taburan bawang goreng di atasnya. Ada pula perasan jeruk nipis yang membuat rasanya semakin nikmat.

Sajian ini biasanya dilengkapi dengan sate kerang dan es kelapa muda. Rasanya, hmm mantap.

Salah satu pembeli, Anto mengaku telah lama menjadi pelanggan setia lontong Kupang dan sate kerang di Pantai Kenjeran. Menurutnya, rasa lontong kupang di sini berbeda karena sensasi makannya di dekat pantai.

"Kalau di lainnya nggak gini rasanya, di sini enak, nggak amis, terus rasanya pas sambil nongkrong nikmati pantai," ungkap Anto, Rabu (26/1/2022).

Seporsi lontong kupang ini bisa dinikmati dengan harga Rp10 ribu saja. Lalu untuk sepiring sate kerang bisa didapat dengan harga Rp10 ribu. Sementara tiket masuk ke Pantai Kenjeran hanya Rp5 ribu saja. Tertarik untuk mencoba?



Simak Video "Serunya Belajar Main Ski di Trans Snow World Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/fat)