Sepi karena Tergerus Tol, di Sini Lokasi Depot Legendaris Milik Asmuni

Tim detikJatim - detikJatim
Senin, 09 Mei 2022 13:43 WIB
Antina memandang foto mendiang Asmuni di Warung Cingure Asmuni
Istri Asmuni menunjukkan foto kenangan suaminya (Foto: Enggran Eko Budianto/detikJatim)
Mojokerto -

Ingin bernostalgia hingga mengisi perut? Ke Warung Rujak Cingur'e Asmuni di Mojokerto jawabannya. Selain menikmati aneka menu yang disajikan, di sini pelanggan juga bisa bernostalgia dengan sosok Asmuni, anggota grup lawak legendaris, Srimulat.

Depot legendaris milik Asmuni tersebut memang sepi. Pomornya sudah meredup. Salah satu penyebabnya karena terdampak pembangunan jalan tol.

Meski demikian, lokasi Warung Rujak Cingur'e Asmuni sebenarnya cukup strategis. Jika tidak lewat tol, lokasinya mudah ditemukan karena terletak di jalan nasional Mojokerto. Tepatnya di sebelah kiri minimarket Dusun/Desa Jatipasar, Kecamatan Trowulan.

Jika detikers dari arah Surabaya, posisi depot Asmuni di sisi kiri jalan setelah Candi Wringinlawang, sebelum simpang 4 Trowulan. Untuk menemukan lokasi tepatnya, lebih praktis lagi detikers menggunakan Google Maps dengan kata pencarian Warung Rujak Cingur'e Asmuni.

Sementara jika menggunakan mobil, jaraknya sekitar 13 km atau 25 menit dari pusat Kota Mojokerto, sekitar 17 km atau 35 menit dari exit tol Penompo, Tol Sumo, serta sekitar 15 km atau 30 menit perjalanan dari exit tol Mojokerto Barat (Mobar) Astra Tol Jomo.

Warung milik pelawak legendaris, Asmuni kini dikelola istrinya Antina (82) dan putri tunggalnya, Astria. Warung ini menyajikan beberapa menu khas Jatim. Mulai dari ayam goreng penyet, ayam bumbu rujak, soto daging, rawon, empal penyet, krengsengan hati, krengsengan daging, hingga rujak cingur yang terkenal lezat.

"Yang paling diminati sekarang ini rujak cingur dan rawon," kata Astria.

Tak sekadar menikmati beragam menunya, para pemudik juga bisa bernostalgia dengan sosok Asmuni maupun Srimulat yang begitu tenar tahun 1980-an dan 1990-an.

Di sini, banyak foto Asmuni maupun personel Srimulat yang dipajang di dalam warung. Selain itu, sejumlah personel Srimulat juga kerap mampir ke warung ini.

Nah, bagi detikers yang ingin bernostalgia di warung Rujak Cingur'e Asmuni, silakan datang langsung. Warung buka seperti biasa mulai pukul 08.00-22.00 WIB.



Simak Video "Rujak Cingur, Kuliner Kebanggaan Kota Pahlawan yang Bercita Rasa Khas, Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/dte)