Bakso Cawukan, Bakso Ndeso Nikmatnya Tiada Tara Cocok untuk Menu Berbuka

Eko Sudjarwo - detikJatim
Selasa, 19 Apr 2022 14:30 WIB
Bakso Cawukan Cak Kambali Lamongan yang enaknya tiada tara.
Penampakan Bakso Cawukan Lamongan (Foto: Eko Sudjarwo/detikJatim)
Lamongan -

Buka puasa makan apa ya enaknya? Ada nih, Bakso Cak Kambali yang dikenal dengan nama Bakso Cawukan di Lamongan. Maknyus tapi tidak bikin kantong bolong.

Lapak Bakso Cak Kambali ini bisa ditemukan di Desa Kalanganyar, Kecamatan Karanggeneng, Lamongan.

Kalau dari Kota Lamongan, bakso Cak Kambali ini bisa ditempuh sekitar 30 menit perjalanan atau dengan jarak sekitar 18 km dari Kota Lamongan. Lokasinya yang di tepi jalan desa juga memudahkan untuk dicari.

Bakso Cak Kambali ini lebih dikenal oleh para pelanggannya sebagai Bakso Cawukan. Bukan tanpa sebab bakso ini dikenal dengan sebutan bakso Cawukan.

Sesuai namanya, bakso yang disuguhkan ke pelanggan langsung 'Dicawuk' (Diambilkan begitu saja) tanpa dihitung berapa jumlah bakso yang tersaji di mangkuk, tahu-tahu mangkuk penuh dengan bakso.

"Kedai Bakso Cak Kambali, tapi gak tahu orang-orang banyak yang nyebut Bakso Cawukan," kata Cak Kambali saat dikonfirmasi, Selasa (19/4/2022).

Cak Kambali mengaku, warung baksonya ini buka setiap hari dan hanya beberapa jam saja. Sebabnya, begitu buka warung bakso ini langsung diserbu pelanggan sehingga cepat habis.

Harga seporsi bakso juga dijamin tidak akan membuat kantong bolong karena hanya Rp 10 ribu saja. "Kalau Ramadan buka mulai jam 3 sore," ujar Cak Kambali kepada detikJatim.

Bakso Cawukan Cak Kambali Lamongan yang enaknya tiada tara.Bakso Cawukan Cak Kambali Lamongan (Foto: Eko Sudjarwo/detikJatim)

Penikmat bakso Cak Kambali ini tidak hanya datang dari desanya saja. Penikmat juga datang dari berbagai daerah dan desa-desa sekitarnya.

Jangan heran, jika bakso cak kambali, atau bakso cawukan ini akan habis dalam waktu singkat sekitar 2 jam saja.

Salah seorang pelanggan bakso ini Hari mengakui jika bakso Desa Kalanganyar Lamongan ini punya keunikan tersendiri. Selain karena rasanya yang enak dan nikmat, aku Hari, jumlah bakso yang tersaji di mangkuk juga sangat banyak sehingga lebih dikenal dengan sebutan bakso cawukan.

"Bakso Kalanganyar ini memiliki keunikan. Baksonya ini pentolnya jumlahnya banyak hingga bikin klenger," terang Hari sembari tersenyum.

Hari bahkan pernah menyempatkan diri untuk menghitung berapa bakso yang tersaji di mangkuknya dan jumlahnya memang sangat banyak.

Bakso Cawukan Cak Kambali Lamongan yang enaknya tiada tara.Bakso Cawukan Cak Kambali Lamongan yang enaknya tiada tara (Foto: Eko Sudjarwo/detikJatim)

Saat menghitung jumlah bakso itu, Hari sempat kaget karena jumlah bakso yang tersaji di mangkuknya sekitar 20 bakso.

"Makanya dikenal dengan cawukan, karena penjual seperti tinggal cawuk (menyiduk) saja tanpa menghiraukan jumlah baksonya," aku Hari yang datang jauh-jauh dari kota Lamongan karena penasaran.

Tertarik dengan Bakso Cawukan ala Cak Kambali di Desa Kalanganyar? Dijamin, buka puasa anda akan terpuaskan dengan sajian baksonya.



Simak Video "Menikmati Bakso Rumahan dengan Nuansa Asri "
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/fat)