Cicipi Tongseng dan Sate Kambing Muda di Jombang, Manjakan Lidah Saat Buka Puasa

Enggran Eko Budianto - detikJatim
Selasa, 12 Apr 2022 17:16 WIB
Tongseng dan sate kambing muda
Sate kambing muda (Foto: Enggran Eko Budianto/detikJatim)
Jombang -

Setelah seharian berpuasa, tak ada salahnya memilih menu berbuka yang benar-benar memanjakan lidah. Salah satunya, tongseng dan sate kambing muda di Jombang. Dijamin, rasanya pasti bikin ketagihan.

Tongseng yang satu ini bisa dijumpai di Depot Kurnia, Jalan Anggrek, Desa Candimulyo, Kecamatan/Kabupaten Jombang. Tempat makan ini menyediakan tongseng daging sapi dan kambing yang bisa dipesan sesuai selera.

Kuliner khas Jateng ini dimasak tanpa santan untuk mengurangi kolesterol. Meski begitu, para penikmat tongseng tak perlu khawatir. Karena racikan bumbu khas Yogyakarta membuat cita rasa tongseng ini tetap nendang.

detikJatim berkesempatan mencicipi tongseng ini. Saat suapan pertama, rasa gurih dan manis tongseng menjadi segar karena campuran sayur kol putih dan irisan tomat.

"Untuk mengurangi kolesterol kami tidak pakai santan. Jadi, murni rempah-rempah dengan racikan ala Yogyakarta. Namun, tidak mengurangi rasa gurih dan nikmatnya," kata Pemilik Depot Kurnia, Yogas (45) saat dikonfirmasi di lokasi, Selasa (12/4/2022).

Tongseng dan sate kambing mudaTongseng kambing muda Foto: Enggran Eko Budianto/detikJatim

Tongseng Depot Kurnia semakin memanjakan lidah saat berbuka puasa karena disajikan dengan sate kambing muda. Setelah dibakar, sate disajikan dengan bumbu kecap dan irisan cabai, tomat, serta bawang merah.

Sate terasa empuk karena menggunakan daging kambing muda. Rasanya kian nikmat saat dipadukan dengan bumbu kecap yang manis dan gurih.

"Kambing muda kami pilih karena dagingnya lebih empuk," terang Yogas.

Selama Ramadan, Depot Kurnia buka pukul 15.00 hingga 22.00 WIB. Berbuka puasa bersama keluarga di tempat ini, dijamin tak akan bikin kantong jebol.

Karena cukup dengan Rp 25 ribu, masyarakat bisa menikmati semangkuk tongseng, 5 tusuk sate kambing muda lengkap dengan sepiring nasi putih.

"Sehari laku 50 sampai 60 porsi," ungkap Yogas.

Cita rasa kenikmatan tongseng dan sate kambing muda di Depot Kurnia membuat para pelanggannya ketagihan. Salah satunya Handoko (35), pemuda asal Ambon yang bekerja di Jombang.

Ia mengaku setiap pekan berkunjung ke Depot Kurnia untuk menyantap menu favoritnya itu. Racikan rempah-rempah yang gurih, serta daging yang empuk membuatnya ketagihan.

"Dagingnya empuk, rempahnya sangat terasa. Yang bikin tidak khawatir kolesterol dimasak tanpa santan," tandasnya.



Simak Video "Tongseng Domba Yang Istimewa di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/fat)