Manis dan Segarnya Jus Kurma di Ponorogo, Cocok jadi Menu Buka Puasa

Charolin Pebrianti - detikJatim
Sabtu, 09 Apr 2022 11:31 WIB
Jus kurma
Kus kurma (Foto: Charolin Pebrianti/detikJatim)
Ponorogo -

Buah kurma menjadi salah satu makanan wajib pada bulan puasa. Jika ingin mencoba kurma dalam sensasi berbeda, tak ada salahnya mencicipi jus kurma. Rasanya manis dan segar, cocok sebagai pelepas dahaga usai seharian berpuasa.

Salah satu yang terkenal di Ponorogo yakni jus kurma buatan Nidya Al Farista. Wanita 29 tahun ini baru memulai usaha jus kurmanya pada awal puasa. Jus ini diberi merek Noushin, sama seperti nama anaknya.

Dalam sehari, jus kurma buatan Nidya bisa laku 30 hingga 50 botol.

"Awalnya waktu saya hamil pernah dibuatkan sama kakak ipar saya, katanya biar kuat puasanya, ternyata ya bisa," tutur Nidya kepada wartawan, Kamis (7/4/2022).

Ibu satu anak ini mengaku, saat itu dia minum jus kurma saat sahur dan buka puasa. Bahkan saat menyusui pun dia juga rutin minum jus kurma.

"Kan kalau puasa gini pasti makannya dikit saat sahur, jadi jus kurma bisa buat booster," terang Nidya.

Akhirnya, dia pun mencoba membuat jus kurma. Setelah beberapa kali percobaan, baru dia menemukan formulasi yang tepat.

"Dulu pernah keenceran, juga pernah kekentalan. Akhirnya sekarang nemu resep yang pas," papar Nidya.

Nidya pun mengaku kepikiran ingin menjual jus kurma ini. Sebab, olahan kurma biasanya paling diburu masyarakat pada bulan Ramadan.

Para pemesan biasanya langsung datang ke kediamannya di Jalan Cindewilis, Gang 3 nomor 1 Ponorogo. Selain itu, jus kurma buatan Nidya juga bisa dipesan lewat ojek online.

"Kurma sendiri kan sunah Rasul, juga bisa jadi pencegah kanker, booster biar enggak insomnia dan anemia. Ada karbohidrat, ini kan bagus untuk diet, jadi rendah lemak nggak bikin gendut," tandas Nidya.

Nidya pun sempat mempraktikkan cara membuat jus kurma. Pertama, kurma dipisahkan dari bijinya. Kemudian direndam dengan air minimal 5 jam.

Kedua, kurma dan airnya dihaluskan dengan cara diblender. Baru ditambah susu cair yang low fat dan siap disajikan. Per botol ini diisi 5 kurma. "Sunahnya kan ganjil, jadi per botol 5 kurma," ujar Nidya.

Sementara, salah satu penikmat jus kurma, Maya Nika Sari mengaku sudah pesan untuk yang ketiga kalinya. Sebab, sekeluarganya suka dengan jus kurma buatan Nidya.

"Sekeluarga cocok semua, jadi kami juga ingin pesan buat anak panti buat booster puasa, biar kuat puasanya. Rasanya enak, segar manis dan enggak eneg," pungkas Maya.



Simak Video "Yuk! Berburu Kurma di Tanah Abang, Harga Mulai Rp 40 Ribu"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/dte)