Segarnya Sayur Asam Kacang Panjang Cocok Disantap Saat Badan Meriang

Segarnya Sayur Asam Kacang Panjang Cocok Disantap Saat Badan Meriang

Erliana Riady - detikJatim
Senin, 28 Feb 2022 06:33 WIB
sayur asam
Sayur asam/Foto: Erliana Riady
Blitar -

Puncak musim hujan di Jawa Timur jatuh pada Januari hingga Februari 2022. Saat ini, banyak masyarakat merasakan badan meriang. Satu diantara masakan yang cocok disantap dalam kondisi badan seperti ini yakni sayur asam.

Seperti yang dialami Aprilia, karyawan swasta yang tinggal di Kademangan, Kabupaten Blitar. Aprilia mengatakan kondisi badan meriang ini dirasakan hampir semua rekan se-kantornya. Efeknya, timbul rasa malas makan dan rebahan jadi posisi paling wenak untuk dilakukan.

Namun April sadar, harus memperbanyak asupan nutrisi agar stamina dan imunitas terjaga. Nah...sayur asam jadi pilihannya untuk merangsang nafsu makan.

"Enaknya makan yang seger-seger kalau badan meriang begini. Saya masak sayur asam saja. Karena bahannya simpel dan cara memasaknya praktis nggak ribet," katanya, Senin (28/2/2022).

April pun memilih bahan kacang panjang, kubis, jagung manis, kacang tanah dan manisa. Sementara untuk kecambah kacang tak dijumpainya di warung dekat rumahnya. Semua bahan lalu dipotongi kecil-kecil. Sementara bumbu yang disiapkan, bawang merah, bawang putih, daun salam, lengkuas dan tomat. Eits..tidak lupa, asam jawa yang telah dituangi air mendidih sebelumnya.

"Semua bahan dimasukkan ketika air di panci mendidih. Plung...plung...plung. Dan 10 menit semua sudah matang! Mudah, praktis dan cocok disantap di cuaca yang panas seperti sekarang," bebernya.

Untuk lauknya, April cukup menggoreng tempe dan tahu. Semua makanan telah terhidang di meja makan. Dari penampakannya saja, terlihat sayur asam kacang panjang ini menyegarkan.

Irisan tomat dan butiran jagung manis dan kacang tanahnya, membuat lidah ingin segera menyantapnya. Agar suasana makan siang bersemangat, April mengundang seorang sohib kentalnya, Lea.

"Bener-bener segar. Cocok disantap saat badan meriang. Walaupun lauknya sederhana, tapi menu ini kaya nutrisi dan bikin badan kembali sehat," pungkas Lea riang .



Simak Video "Sayur Asam Kutai, Cita Rasa Kelezatan Khas Kalimantan Timur"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/fat)