Enaknya Kebangetan! Yuk Cicipi Nasi Jagung Babat Pegirian Surabaya

Esti Widiyana - detikJatim
Rabu, 02 Feb 2022 11:47 WIB
Nasi Jagung Babat Pegirian
Nasi jagung babat di Surabaya yang enaknya kebangetan (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya -

Jika Anda pecinta jeroan, apa lagi babat, Anda wajib datang ke Nasi Babat Pegirian. Makanan ini terkenal menjadi salah satu kuliner Surabaya yang nikmat dimakan saat malam hari.

Biasanya nasi babat dimakan dengan nasi putih biasa. Namun, Nasi Babat Pegirian menyajikan sensasi berbeda menyantap jeroan sapi dengan nasi jagung.

Nasi Babat Pegirian buka sejak 2006 dan tidak memiliki cabang. Tak heran jika pembeli rela mengantre panjang. Antrean pun semakin mengular saat malam hari.

Karyawan atau keponakan pemilik warung ini, Habibullah (33) mengatakan, nasi babat disini berbeda dari yang lain.

"Ada di tempat lain nasi babat, tapi disini kan nasi jagung, itu yang membedakan. Kalau di tempat lain nasi putih," kata Habib kepada detikJatim, Selasa (2/2/2022).

Nasi Jagung Babat PegirianNasi Jagung Babat Pegirian Foto: Esti Widiyana

Selain dari nasinya, Nasi Babat Pegirian memiliki ciri khas pada sambalnya. Rasa sambal yang segar dan pedas sangat cocok dimakan dengan daging babat yang empuk gurih.

"Sambalnya juga beda. Di tempat lain sambalnya sambal terasi lalapan, kalau di sini sambal mentah sendiri," ujarnya.

Selain itu, tekstur dari babatnya yang empuk dan juicy akan menambah nikmat sensasi menyantap kudapan ini. Jika babat lainnya masih alot saat dimakan, tetapi baba di Jalan Pegirian ini memiliki tekstur empuk dan tidak amis.

"Masaknya, babat yang seharusnya alot bisa jadi empuk. Dipresto praktis, tapi bukan alot saja. Babat jeroan biasanya amis, di sini nggak amis. Karena direbus lama menghilangkan amis dan teksturnya empuk," pungkasnya.

Selain babat, banyak lauk lainnya yang bisa menjadi pilihan pecinta kuliner malam Surabaya. Seperti tongkol, telur, paru, kikil, belut dan peyek udang.

Harganya pun masih bersahabat. Mulai dari Rp 10.000 hingga paket komplit seharga Rp 35.000. Warung ini buka mulai pukul 16.00 hingga 02.00 WIB dini hari. Tertarik untuk mencoba?



Simak Video "Nasi Jagung Ngaliman, Nikmatnya Kuliner Tradisional Berlatar Keindahan Alam Nganjuk"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/iwd)