Cicipi Sarapan Sego Cawuk Banyuwangi yang Super Lezat Menggugah Selera

Ardian Fanani - detikJatim
Sabtu, 29 Jan 2022 07:10 WIB
sego cawuk
Sego cawuk yang segar dan lezat (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Menikmati mentari pagi di kabupaten berjuluk The Sunrise of Java serasa tak lengkap jika tidak mencicipi kuliner sarapan khas ini. Nasi hangat disiram kuah pindang dengan parutan kelapa, timun dan jagung dibakar ini, terasa sangat segar untuk dinikmati di pagi hari. Di tambah lagi lauk pepes ikan dan telur pindang, menjadi energi sebelum beraktivitas seharian.

Adalah Sego Cawuk Banyuwangi. Kuliner satu ini menjadi primadona santapan pagi khusus masyarakat Banyuwangi. Banyak ditemukan di pinggir jalan dan warung di sekitar Banyuwangi.

Salah satu yang menyajikan kuliner satu ini adalah Warung Mak Mantih, yang ada di kawasan jalan Stasiun Rogojampi, Banyuwangi. Warung legendaris yang buka setiap hari jam 06.00 pagi ini, selalu ramai didatangi para penikmat Sego Cawuk untuk sarapan bersama keluarga terlebih saat hari libur.

Sego Cawuk yang disajikan oleh Warung Mak Mantih ini sejak lama sudah minati masyarakat. Seporsi Sego Cawuk terdiri dari sepiring nasi yang disiram dengan kuah pindang dengan campuran kelapa,timun dan jagung muda yang dibakar.

Untuk menambah kelezatan rasa, kuliner yang sudah ada sejak lama ini diberi menu tambahan seperti pepes ikan laut, cecek atau kulit sapi. Ada juga telur pindang atau telur asin.

"Ini makanan khas Banyuwangi. Biasanya untuk sarapan," ujar Mantih, pemilik warung kepada wartawan, Sabtu (29/1/2022).

Untuk membuat kuliner unik ini, kata Mantih sebenarnya sangat mudah. Bumbu dapur yang terdiri cabai, bawang merah, bawang putih serta sedikit asam dihaluskan kemudian dicampur dengan jagung bakar yang sudah dipipil dan dicampur parutan kelapa muda serta irisan ketimun.

Kuahnya pun juga dicampur dengan ikan pindang. Sego Cawuk biasanya disajikan dengan sambal yang autentik, dibuat dari ulegan belimbing wuluh dan serai.

sego cawukSego cawuk Banyuwangi/ Foto: Ardian Fanani

"Penyajian itu nasi disiram kuah kelapa, timun sama jagung muda bakar yang sudah dipipil. Kemudian tinggal pilih lauk sesuai selera," tambahnya.

Warung Sego Cawuk Mak Mantih ini, sudah ada sejak tahun 1972. Warung lesehan yang legendaris ini hingga kini masih ramai dikunjungi para penikmat sego cawuk terutama saat hari libur. Tidak hanya dalam kota saja, penikmat sego cawuk ini juga datang dari berbagai kota diantaranya Bandung, Jakarta, Malang, Surabaya hingga Bogor.

"Mulai tahun 72. Kita buka jam 6 pagi. Emang untuk sarapan. Harga satu porsi Rp 15 ribu. Setiap pagi ramai, kalau hari libur tambah ramai. Ada yang dari Bandung, Jakarta, Malang juga," pungkasnya.

Salah satu penikmat Sego Cawuk, Rifki asal Surabaya mengaku baru pertama kali mencoba kuliner satu ini. Dia merasakan kuah segar Sego Cawuk memberikan kenikmatan sarapan pagi-nya.

"Penasaran juga sih. Ternyata enak dan segar. Ada sambel belimbing ini enak, ada rasa kecut sama gurihnya. Tadi pakai lauk juga telur pindang dan pepes," tambahnya.

Nah, anda penasaran dan ingin merasakan lezatnya menu sarapan pagi khas Banyuwangi ini? Datang saja ke Warung Mak Mantih, dengan cukup menyiapkan uang Rp 15 ribu saja dan anda bisa menikmati satu porsi sego cawuk.



Simak Video "Nasi Cawuk, Kuliner Tradisional Bercita Rasa Khas Dengan Guyuran Kuah Pindang yang Lezat, Banyuwangi"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)