5 Kuliner Khas Suroboyo Ini Dikenal Murah dan Nikmat, Rasa Tak Perlu Diragukan

Tim Detikcom - detikJatim
Kamis, 27 Jan 2022 11:35 WIB
Sebuah hikayat yang beredar menuturkan bahwa rujak cingur khas Surabaya merupakan makanan dari Mesir. Namun pedagang di Kota Pahlawan menyebut rujak cingur dari Madura.
Rujak cingur di Surabaya (Foto file: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Kota Surabaya menjadi gudangnya kuliner enak dan merakyat. Di sini, makanan rasa bintang lima bisa dinikmati dengan harga kaki lima. Dobel nikmatnya!

Detikcom merangkum sejumlah makanan khas Surabaya yang wajib dicicipi. Tak perlu merogoh kocek cukup dalam, makanan-makanan ini dijual dengan harga miring.

1. Lontong Balap
Makanan khas Kota Pahlawan satu ini paling enak dimakan pada siang hari. Dalam sepiring lontong balap, ada potongan lontong, irisan tahu goreng, yang dipadu dengan sayur taoge atau kecambah.

Lalu, ada pula lento atau singkong dan kacang polong hingga bumbu ulegan yang dibentuk bulat. Saat menyajikan lontong balap, penjual biasanya menyiapkan petis pada piring dan ditambah dengan cabe atau sambal sesuai pesanan pembeli.

Lontong balap semakin terasa nikmat saat disajikan dengan taburan bawang goreng di atasnya. Terakhir, padukan dengan sate kerang dan es kelapa muda. Segarrrr.

Sepiring lontong balap ini bisa dinikmati dengan harga mulai Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu. Lalu untuk sate kerangnya dijual dengan harga Rp 2 ribu saja. Murah bukan?

2. Rawon
Selain lontong balap, tak lengkap rasanya jika ke Surabaya tanpa mencicipi rawon. Kuliner satu ini enak dimakan kapan saja, baik pagi, siang atau malam hari.

Kuah rawon dibuat dengan sejumlah rempah sehingga rasanya gurih. Ada pula tambahan kluwek yang membuat warnanya menjadi hitam namun sedap.

Biasanya, rawon disajikan dengan irisan daging sapi, telor asin dan tempe goreng. Lalu, kuah rawon hangat diberi sambal terasi dan taburan bawang merah goreng. Slurrpp, rasanya nikmat.

Untuk harganya masih relatif terjangkau. Sepiring rawon biasanya dibandrol mulai Rp 15 ribu hingga Rp 30 ribu. Tertarik mencoba?

3. Semanggi
Kuliner satu ini melegenda di Kota Surabaya. Semanggi biasanya dinikmati masyarakat sebagai jajanan, karena tak dimakan dengan nasi atau lontong.

Semanggi memiliki bentuk dan penyajian seperti pecel. Ada sayuran yang direbus dan diberi bumbu di atasnya. Namun, di sini menggunakan sayur semanggi, atau daun berjenis paku-pakuan yang direbus dan ditambah tauge.

Lalu, ciri khas semanggi Surabaya, yakni terletak pada bumbunya yang tak seperti pecel pada umumnya. Di mana bumbunya terbuat dari campuran ketela rambat, kacang tanah, gula merah, dan petis.

Semanggi biasanya disajikan di atas daun pisang yang dipincuk. Lalu, Semanggi dimakan dengan kerupuk kuning yang lebar. Harganya murah mulai Rp 10 ribu saja.

4. Rujak Cingur
Bicara kuliner Surabaya tak lengkap rasanya jika tak membahas rujak cingur. Makanan satu ini cukup unik dan enak, karena menggunakan cingur atau hidung sapi.

Rujak cingur terdiri dari irisan cingur, lontong, tahu, tempe, sayur hingga buah-buahan. Lalu disiram dengan bumbu kacang dan petis yang pedas. Rujak cingur cocok dinikmati dengan kerupuk. Untuk harganya mulai Rp 15 ribu saja.

5. Lontong Kupang
Lontong Kupang cukup diminati masyarakat Kota Surabaya. Kupang merupakan hewan sejenis kerang namun berukuran kecil.

Dalam sepiring lontong kupang, penjual biasanya menguleg paduan bawang putih goreng, petis dan cabai sesuai request pembeli di piring. Lalu, ditambahkan dengan potongan lontong, kupang, hingga kremesan lentho dari singkong yang diparut.

Biasanya, penjual lontong kupang juga menyediakan tambahan sate kerang. Untuk minumnya, lontong Kupang paling nikmat disantap dengan es degan. Harganya cukup murah mulai Rp 10 ribu saja dan banyak ditemui di area Pantai Kenjeran.



Simak Video "Warung Rawon Surabaya, Menghitung Pesanan Tanpa Menggunakan Kalkulator"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)