Cobain Pepes Ekstrem Tawon Dijamin Sehat-Nikmat dengan Nasi Hangat

Cobain Pepes Ekstrem Tawon Dijamin Sehat-Nikmat dengan Nasi Hangat

Ardian Fanani - detikJatim
Rabu, 26 Jan 2022 07:00 WIB
pepes tawon
Pepes tawon (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Kuliner ekstrem tawon di Banyuwangi tak hanya dibuat sup. Tawon juga kerap dipepes atau dibotok. Dijamin bikin ketagihan. Apalagi makan dengan nasi hangat, bakal tak mampu berhenti makan. Mau coba?

Namun ingat, jenis tawon yang dipepes atau dibotok pun berbeda. Nama tawon yang dipepes atau dibotok adalah tawon rowan atau madu.

Tawon ini berbentuk lebih kecil dibandingkan dengan tawon ndas atau tawon yang lain. Maka dari itu, warga Banyuwangi lebih memilih dibotok atau dipepes dengan daun pisang.

"Tawon ini lebih kecil dibandingkan dengan tawon ndas atay tawon yang lain. Maka caranya ya dipepes atau di botok. Tapi kalau warga Kemiren itu pincukan tawon," ujar Haidi Bing Slamet warga Desa Kemiren, penikmat kuliner tawon, Rabu (26/1/2021).

Untuk cara masaknya, tawon rowan dibersihkan dan kemudian diberi bumbu kemiri, garam, cabe dan penguat rasa. Lalu tawon rowan yang sudah dibumbu dibungkus dengan daun pisang. Lalu bungkusan tawon rowan yang sudah diberi bumbu itu kemudian dikukus hingga matang.

"Rasanya enak. Kalau dipepes atau dibotok bumbu lebih terasa lebih menang. Ada rasa pedas dan gurih. Kalau di uyah asem itu ya enak juga lebih gurih dan asem sedikit, lebih segar," tambahnya.

Haidy percaya kuliner tawon bisa menambah vitalitas pria. Tak hanya itu, badan terasa lebih segar dan hangat saat menyantapnya.

"Menambah vitalitas pria. Selain itu badan lebih segar," tambahnya.

Namun bagi masyarakat yang tidak pernah memiliki penyakit alergi diharapkan tidak mengkonsumsi kuliner satu ini. Sebab badan akan terasa gatal dan memerah.

"Yang punya alergi jangan makan tawon, karena bisa gatal-gatal dan merah di kulit," pungkasnya.



Simak Video "Reaksi Selvi saat Gibran Sebut Dirinya Pakai Skincare Minyak Tawon"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)