Sedap dan Murmer Gulai Kacang Hijau Bu Azizah di Kawasan Ampel Surabaya

Faiq Azmi - detikJatim
Senin, 24 Jan 2022 07:09 WIB
gulai kacang hijau bu azizah ampel
Gulai kacang hijau Ampel (Foto: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya -

Masyhur sebagai tempat wisata religi, Kawasan Ampel Surabaya juga banyak menyimpan ragam kuliner khas Timur Tengah. Berbagai tempat makan dari restoran hingga warung kaki lima bisa dijumpai dengan mudah.

Salah satunya yakni warung gulai kacang hijau Bu Azizah. Warung yang terletak di Jalan KH Mas Mansyur ini merupakan tempat langganan bagi penggemar kuliner di Surabaya.

Azizah, pemilik warung mengaku gulai kacang hijaunya digemari pelanggan karena rasanya yang sedap sudah terkenal sejak dahulu. Selain itu, dengan porsi yang banyak, harganya juga sangat murah dibandingkan lainnya.

Menurut Azizah gulai kacang hijaunya ini sebenarnya sama dengan lainnya. Namun yang membedakan pada bumbu raciknya.

Untuk seporsi saja, Azizah mematoknya Rp 8 ribu saja. Sedangkan jika ingin menambah sepotong roti maryam, pelanggan cukup membayar lagi Rp 3 ribu.

"Kalau rasa boleh diadu, rasanya sedap, porsi banyak dan harga terjangkau," ujar Azizah pemilik warung kepada detikJatim, Senin (24/1/2022).

gulai kacang hijau bu azizah ampelGulai maryam kacang hijau di Ampel/ Foto: Faiq Azmi

Azizah menuturkan warung gulai kacang hijau miliknya sudah ada sejak tahun 1963. Ia merupakan generasi ketiga yang meneruskan usaha kuliner ini.

"Dulu awalnya kakek saya, Mbah Saman yang berjualan gulai kacang ijo dan gulai maryam sejak tahun 1963. Dulu jualnya keliling dipikul di sekitaran Ampel sini," tutur Azizah.

Setelah kakeknya tidak melanjutkan berjualan keliling, Azizah kemudian melanjutkan bersama orang tua dan bibinya. Bedanya, ia membuka warung untuk berjualan Gulai Kacang Ijo dan Gulai Maryam di pinggir jalan.

"Saya buka warung ini sudah sejak tahun 2000," imbuh Azizah.

Azizah mengaku bersyukur usahanya selama ini tidak terpengaruh dengan pandemi COVID-19. Sebaliknya omzet gulai maryamnya malah meningkat.

"Sehari bisa sampai Rp 2 juta. Apalagi kalau hari libur. Sehari bisa 9 kg kacang ijo, dan 9 kg daging sapi," kata Azizah.



Simak Video "Sajian Berbeda di Hari Lebaran: Gulai Kepala Ikan"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/fat)