Kuliner Arabian yang Hangat Cocok Disantap Saat Musim Hujan-Malam Hari

Ardian Fanani - detikJatim
Minggu, 23 Jan 2022 19:08 WIB
Kuliner Arabian Yang Menghangatkan, Cocok Disantap Saat Musim Hujan Dan Malam Hari
Nasi Mandhi kaya rempah yang menghangatkan (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Menikmati kuliner satu ini sepertinya cocok pada musim hujan. Nasi Mandhi hangat dengan lauk kambing goreng atau iga kambing bakar, sangat cocok pada musim hujan. Rempah lengkap khas Timur Tengah cukup bisa membuat tubuh berkeringat di tengah dinginnya musim hujan. Makanan ini juga cocok disantap pada malam hari yang dingin.

Kuliner ini bisa ditemukan di Dapoer Umma Resto di Jalan MH Thamrin, Banyuwangi. Di sini menyuguhkan kuliner khas Timur Tengah. Mulai dari Nasi Mandhi, Nasi Kebuli, nasi Briyani, Nasi Kabsah hingga nasi goreng kambing. Ditambah lagi kuliner berkuah khas Timur Tengah, seperti Marakh Kambing dan krengsengan kambing.

"Sejak 2021 lalu kami memberanikan diri membuka restoran dengan menu khas Timur Tengah. Ini untuk memuaskan lidah masyarakat Banyuwangi yang ingin menikmati kuliner khas Arabian," ujar Syauqi, Owner Dapoer Umma Resto kepada detikJatim, Minggu (23/1/2022).

Nasi Mandhi merupakan andalan dari restoran satu ini. Nasi mandhi atau Mandhi Rice adalah salah satu olahan nasi menggunakan bahan dasar beras basmati khas Timur Tengah yang sangat populer. Nasi mandhi memiliki ciri khas warna nasi kuning dan putih yang berasal dari penggunaan rempah kuning, rempah asal Timur Tengah.

Bumbu khas kuliner Timur Tengah, terasa pada kapulaga, kayu manis dan cengkeh, yang selalu ada dalam masakan Timur Tengah. Nasi mandhi punya rasa yang khas dengan dominan gurih dari penggunakan rempah khas Timur Tengah tersebut. Rasa gurih tersebut juga didapat dari proses memasaknya. Ditambah lagi, kambing yang dimasak pun tak berbau prengus. Bertekstur lembut dan nikmat saat disantap.

"Rasa yang muncul selalu ada bumbu khas Timur Tengah, makanya bisa menghangatkan tubuh. Makanya cocok disantao saat musim hujan dan malam hari. Ada juga yang makan siang hari tidak masalah sebenarnya, kapanpun disantap juga nikmat," tambahnya.

Kuliner Arabian Yang Menghangatkan, Cocok Disantap Saat Musim Hujan Dan Malam HariKuliner Arabian ada di resto ini/ Foto: Ardian Fanani

Tak hanya nasi Mandhi, Dapoer Umma Resto juga menyediakan kuliner Timur Tengah lainnya. Mulai dari Nasi Kabsah, nasi briyani, nasi kebuli hingga nasi goreng kambing. Restoran ini juga melayani BBQ party dengan menu kambing oven atau kambing guling.

Bagi yang tak suka dengan menu kambing, restoran ini juga menyediakan menu ayam seperti ayam goreng, Ayam bakar dan Nasi Goreng Spesial.

Adapula snack chiken platter. Roti tamis yang tipis ditambah dengan chicken gril disajikan lengkap dengan kentang goreng dengan garlic mayo.

"Ada pula jajanan khas Timur Tengah yang kita sajikan. Mulai dari sambosa dan roti maryam. Untuk minuman juga ada teh Rempah dan Shahi Adeni atau teh rempah susu. Ada juga aneka minuman kekinian seperti Maroco Red Squash dan Labanese Green," tambahnya.

Sebelum merambah ke dunia restoran, kata Syauqi, Dapoer Umma memulai dari jualan online dan warung biasa. Tahun 2018 Syauqi mulai menjajakan kuliner khas Arabian melalui online. Dan tahun 2019, dirinya memberanikan diri untuk membuat warung di depan rumahnya. Bisa jadi, Dapoer Umma menjadi pelopor tumbuhnya kuliner Timur Tengah, selain masakan awam seperti sate dan gule kambing.

"Kuliner ini semakin dikenal hingga kami berani memberikan warna lain, dengan memunculkan kuliner Timur Tengah. Tentu harapkan kami kuliner ini bisa diterima oleh lidah masyarakat Banyuwangi," pungkasnya.



Simak Video "Membuat Nasi Mandhi ala Kampung Arab Empang Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)