Sensasi Tiwul Goreng Kuliner Lokal Pacitan Bikin Ketagian

Purwo Sumodiharjo - detikJatim
Minggu, 23 Jan 2022 07:42 WIB
Sensasi Tiwul Goreng Asiiikk Khas Pacitan yang Selalu Bikin Ketagian
Tiwul goreng khas Pacitan (Foto: Purwo Sumodiharjo/detikcom)
Pacitan -

Siapa yang tak kenal Nasi Tiwul? Makanan berbahan singkong ini makin dikenal seiring maraknya tren kuliner tradisional. Di Pacitan ada warung khusus menjual Nasi Tiwul Goreng. Namanya 'Tiwul Asiiikk'.

Kios yang terletak di sentra kuliner Pasar Minulyo, Jl Gatot Subroto itu selalu ramai. Sejak buka jam 5 sore hingga tutup jam 10 malam, selalu ada pengunjung datang silih berganti.

Seperti namanya, warung 'Tiwul Asiiikk' menyediakan menu utama nasi tiwul. Hanya saja varian yang ada cukup banyak. Seperti Tiwul Goreng Cumi, Tiwul Goreng Udang, juga Tiwul Goreng Telur.

Tidak itu saja, pecinta kuliner juga bisa memilih beberapa varian lain. Sebut saja Tiwul Goreng Ampela Ati, Tiwul Goreng Teri, juga Tiwul Goreng Jamur. Semua dengan harga sangat terjangkau.

"Selama bahan bakunya ready, Insyaallah semua varian selalu tersedia," kata pemilik usaha, Indah Setyowati (43) kepada detikJatim terkait menu khas yang dibanderol Rp 10 ribu per porsi, Minggu (23/1/2022).

Saat pertama kali membuka usaha, warung yang dikelola bersama suaminya Budi Dimas Doyo (44), hanya menyediakan dua varian. Yaitu Tiwul Goreng Cumi dan Telur. Namun seiring makin banyaknya pelanggan, pesanan mereka pun bermacam-macam.

Sensasi Tiwul Goreng Asiiikk Khas Pacitan yang Selalu Bikin KetagianTiwul Goreng toping cumi-udang/ Foto: Purwo Sumodiharjo

"Jadi berbagai macam sea food juga tersedia. Minumannya juga lengkap. Ada jus, teh, kopi, dan sebagainya. Tinggal pilih," tambahnya Indah tersenyum.

Sempat lesu karena imbas pandemi, kini usaha kuliner yang ditekuni pasangan suami istri itu kembali bangkit. Indah pun berbagi kiat untuk menghadapi masa sulit. Yakni sabar dan tak pernah patah arang.

Anindita (35) warga Desa Sumberharjo, Kecamatan Kota mengaku kerap mengajak keluarganya makan di warung Tiwul Asiikk. Tak hanya menunya yang cocok di lidah, atmosfer sekitar juga membuat nyaman untuk nongkrong.

Dari sisi racikan bumbu, lanjut Dita, menu Tiwul Asiikk relatif pas untuk selera orang pada umumnya. Bagi yang suka sensasi pedas, bisa juga minta dibuatkan racikan khusus dengan cita rasa nampol.

"Aku tadi pesan tiwul goreng sea food topping cumi sama udang. Komplit pokoknya," tuturnya.

Untuk memenuhi tuntutan pelanggan, 'Warung Tiwul Asiikk' tak hanya melayani pembelian di tempat. Layanan pesan antar juga dapat dilakukan maupun jasa kirim. Jadi, gercep coba kuliner lokasi kota 1001 gua yuk!



Simak Video "Nagih! Gurih Nasi Tiwul Goreng Khas Pacitan"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)