Kabar Edu

Top! Kepala SMKN di Malang Ciptakan Moge Listrik Ramah Lingkungan

Tim detikEdu - detikJatim
Selasa, 26 Jul 2022 11:16 WIB
Kepala sekolah SMKN 5 Malang ciptakan moge listrik ramah lingkungan
Kepala SMKN 5 Malang Cipatakan Moge Listrik, Foto: Vokasi Kemdikbud
Surabaya -

Sebagian orang pasti tidak asing dengan motor gede atau moge. Moge kerap disebut sebagai kendaraan mewah karena harganya yang relatif mahal. Di Indonesia, ada sejumlah komunitas moge yang sering mengadakan touring bareng.

Umumnya, moge yang sering kita lihat adalah buatan asing. Namun ternyata, Indonesia juga bisa membuat kendaraan motor ini lho. Pembuatnya adalah Kepala SMKN 5 Malang, Cone Kustarto Arifin. Berikut penjelasannya dilansir dari detikEdu.

Inovasi tersebut dirancang oleh Cone sejak Maret 2020 dengan bantuan dari seorang pekerja yang mengurusi sistem kelistrikan. Dia dan timnya sukses membuat moge lokal yang ramah lingkungan.

Dikutip dari laman resemi Vokasi Kemendikbud pada Senin (25/7/2022), inovasi moge listrik Cone tersebut memanfaatkan baterai komputer jinjing bekas sebagai sumber tenaga mesin. Meski begitu, moge ini dapat melesat dengan kecepatan 70 km per jam, dengan lama pengisian ulang baterai sekitar 2 jam.

Desain motor tersebut hasil dari ide Cone. Kesan vintage pada motor tersebut terlihat jelas, mulai dari corak seperti ukiran kayu pada badan motor hingga jok kendaraan.

Sampai saat ini, Cone masih berupaya menyempurnakan inovasinya tersebut. Jika suspensi kenyamanan dan proses pengisian baterai sudah mumpuni, peluang untuk memproduksi lebih banyak tentu akan terbuka lebar.

Seiring dengan itu, pemerintah kabarnya masih terus mengupayakan percepatan ekosistem kendaraan motor listrik berbasis baterai. Oleh karenanya, pemerintah bakal memperluas pembangunan stasiun pengisian kendaran listrik umum (SPKLU).

Target pembangunan SPKLU sendiri mencapai 25 ribu unit. Serta jumlah kendaraan listrik sebanyak 15 juta unit pada tahun 2030 mendatang.

Moge listrik inovasi Cone tersebut kabarnya akan tampil di pagelaran "Vokasiland" pada 28-31 Juli 2022 mendatang di Grand City Mall, Surabaya. Acara tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI dalam rangka menyambut Hari Kebangkitan Teknologi Nasional 2022.



Simak Video "'Dokter' Harley asal RI di AS Latih Anak Indonesia Oprek Moge"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/fat)