Tertinggi Nasional, Produksi Susu Sapi di Jatim Capai 558.758 Ton

Faiq Azmi - detikJatim
Jumat, 28 Jan 2022 22:44 WIB
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa
Produksi susu sapi di Jatim tertinggi nasional/Foto: Dok. Pemprov Jatim
Surabaya -

Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan produksi susu sapi di Jatim pada tahun 2021 mencapai 558.758 ton. Jumlah ini merupakan tertinggi se-Indonesia.

"Alhamdulillah produksi susu sapi Jatim kembali mencatatkan angka tertinggi secara nasional. Produksi susu sapi Jatim tahun 2021 mencapai 558.758 ton, meningkat dibandingkan tahun 2020 di mana produksi susu sapi kita 534.152 ton. Terima kasih para peternak Jatim, perguruan tinggi, dan seluruh program pemerintah pusat untuk peternak Jatim," kata Khofifah dalam keterangan resminya, Jumat (28/1/2/2022).

Khofifah menjelaskan 534.152 ton susu sapi itu berasal dari 302.300 ekor sapi perah. Menurutnya, jumlah sapi perah di Jatim tahun 2021 meningkat dibandingkan tahun 2020 yakni sebesar 295.100 ekor sapi perah.

Lebih lanjut, Khofifah mengatakan peningkatan populasi sapi perah di Jatim memang terus didorong melalui sejumlah program unggulan yang dilaksanakan melalui Dinas Peternakan. Peningkatan produksi itu untuk memenuhi kebutuhan protein hewani masyarakat. Upaya peningkatan produksi sapi perah itu dilakukan dengan penerapan teknologi inseminasi buatan.

"Dalam meningkatkan produksi sapi perah, kami di Jatim punya program yang namanya Si Intan Brio. Si Intan Brio ini adalah penerapan teknologi inseminasi buatan menggunakan semen beku sexing jenis betina dan embrio transfer," jelasnya

Saat ini, di Jatim ada sebanyak 3 industri produksi susu yang dikelola peternakan rakyat. Yaitu Green Field, Indolakto dan juga Nestle. Para peternak rakyat terlibat langsung dalam proses produksi susu dan pembudidayaan sapi perahnya. Dengan jumlah sapi perah Jatim tahun 2021 yang mencapai 302.300 ekor tersebut, ternyata juga kembali tercatat sebagai jumlah sapi perah terbanyak secara nasional.

Selisihnya dengan provinsi yang berada di urutan kedua yaitu Provinsi Jawa Tengah, juga lumayan jauh. Dimana jumlah sapi perah Jateng tercatat sebesar 142.100 ekor, kemudian disusul di posisi ketiga ada Jawa Barat dengan 119.900 ekor, dan Sumatera utara sebesar 5.000 ekor serta DI Yogyakarta sebesar 3.400 ekor.

Sementara itu, jika dirinci lebih detail lagi, ada sejumlah daerah kabupaten kota di Jatim yang menjadi penyumbang terbesar jumlah populasi sapi perah. Yang pertama yaitu Kabupaten Pasuruan, kemudian Kabupaten Malang, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Blitar dan juga Kota Batu.

"Semoga dengan capaian membanggakan ini, turut mendorong peningkatan kesejahteraan para peternak Jawa Timur dan kian mendorong Jawa Timur untuk terus bangkit," pungkasnya.



Simak Video "Potret Khofifah Bonceng Puan ke Pulau Gili Iyang Sumenep"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)