Pelajar SMP Pasuruan Sabet 4 Emas Kejurnas Selam-Renang

Muhajir Arifin - detikJatim
Selasa, 25 Jan 2022 07:41 WIB
Pelajar SMP Pasuruan Sabet Empat Emas Kejurnas Selam Meski Tak Disokong Uang Pemkot
Pelajar berprestasi/Foto: Istimewa (Dok Pribadi)
Pasuruan -

Prestasi Alfiansyah Imam Mustofa (13), pelajar asal Kota Pasuruan, dalam olahraga renang sangat moncer. Siswa kelas 2 SMPN 8 ini langganan medali dalam kejuaraan tingkat nasional.

Di kejuaraan terkini yang ia ikuti, Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Finswimming Antar Kota/Kabupaten se-Indonesia Piala Gubernur Jawa Timur 2021, ia menyabet empat medali emas. Putra pertama pasangan Mashudi dan Tri Yulianti ini mengangkat nama kota, meski datang ke kejuaraan dengan biaya sendiri, tanpa sokongan dana pemkot.

"Alhamdulillah anak saya kamarin main dalam empat kategori, alhamdulillah dapat emas semua. Anak saya mewakili Kota Pasuruan. Saat itu kami pakai biaya sendiri," kata Tri Yulianti, ibu Alfiansyah Imam Mustofa, Selasa (25/1/2022).

Di kejurnas yang digelar di Surabaya pada Desember 2021 itu, Alfiansyah juara di kelas Bifin 50 m, 100 m, 200 m dan 400 m. Ia menyisihkan 801 atlet selam dari puluhan kota dan kabupaten se-Indonesia.

Sebelum menyabet empat medali emas dalam Kejurnas Finswimming Piala Gubernur Jawa Timur 2021, remaja asal Jalan KH Hasyim Asyari, Kelurahan Bakalan, Kecamatan Bugul Kidul ini sudah langganan meraih medali. Selain renang, ia juga berprestasi di cabang selam.

Pelajar SMP Pasuruan Sabet Empat Emas Kejurnas Selam Meski Tak Disokong Uang PemkotPelajar SMP Pasuruan Sabet Empat Emas Kejurnas Selam/ Foto: Istimewa (Dok Pribadi)

"Banyak prestasi anak saya. Pada tahun 2019, mewakili Kota Pasuruan di kejuaraan selam laut di Situbondo jadi penyelam terbaik nasional. Saat itu dapat medali emas dan perak. Lalu kejuaraan renang di Jakarta, mewakili Pemprov Jatim dapat dua emas dan satu perunggu," beber Yulianti.

Ibu rumah tangga yang sehari-hari menjalani usaha katering ini mengatakan, prestasi putranya tersebut tak didapat secara mudah. Sang putra sudah berlatih renang dan selam sejak duduk di bangku sekolah dasar (SD).

"Anak saya unggul di selam dan renang. Sejak SD sudah ikut les renang," terang Yulianti.

Yulianti berharap putranya tak puas diri dan terus berlatih meski sudah juara nasional. Ia bercita-cita putranya turun di kejuaraan renang atau selam internasional suatu saat nanti.

Untuk itu, Yulianti berharap dukungan penuh dari pemkot. Selama ini, kata dia, dukungan dari Pemkot Pasuruan minim bahkan tak ada apresiasi.

"Sebenarnya mewakili kota sudah beberapa kali dapat emas, cuman mungkin kurang perhatian dari pemkot. Saat terakhir meraih empat medali emas Desember 2021, kami belum dapat apresiasi dari pemkot meski mewakili Kota Pasuruan. Kami datang ke kejuaraan dengan biaya sendiri," pungkasnya.



Simak Video "berbuat baik halil"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)