15 Jaksa Disiapkan untuk Persidangan Tambang Ilegal di Pasuruan

15 Jaksa Disiapkan untuk Persidangan Tambang Ilegal di Pasuruan

Muhajir Arifin - detikJatim
Jumat, 30 Sep 2022 11:31 WIB
Kasi Intelijen Kejari Pasuruan Jemmy Sandra
Kasi Intelijen Kejari Pasuruan Jemmy Sandra (Foto: Muhajir Arifin/detikJatim)
Pasuruan -

Kasus illegal mining atau tambang pasir dan batu ilegal di Desa Bulusari, Gempol, Pasuruan, siap disidangkan. Sebanyak 15 jaksa disiapkan dalam persidangan.

"Telah dilaksanakan pelimpahan terdakwa dan barang bukti atas nama terdakwa AT oleh Jaksa Penuntut Umum pada Kejaksaan Negeri Kabupaten Pasuruan ke Pengadilan Negeri Bangil," kata Kasi Intelijen Kejari Kabupaten Pasuruan, Jemmy Sandra, Jumat (30/8/2022).

Jemmy mengatakan pihaknya menunggu penetapan hari persidangan dari hakim PN Bangil. Kurang lebih 15 jaksa penuntut disiapkan oleh kejari.

"Penuntut umum yang akan menyidangkan perkara ini lebih kurang sebanyak 15 orang yang merupakan gabungan penuntut umum dari Kejaksaan Agung dan Kejaksaan Negeri Kabupaten Pasuruan," jelas Jemmy.

Sebelumnya, Bareskrim Polri sudah melimpahkan kasus illegal mining di Desa Bulusari. Tersangka berinisial AT dan barang bukti diserahkan ke jaksa.

Barang bukti dalam perkara ini adalah 27 dum truk dan dua stonecrusher. Tim Jaksa harus melakukan pengecekan satu per satu barang bukti yang diserahkan ke kejaksaan.

"Tersangka dilakukan penahanan Lapas Pasuruan. Sementara barang bukti dititipkan di Rubasan karena jumlahnya banyak," pungkas Jemmy.



Simak Video "Polda Jateng Ciduk 22 Orang Kasus Illegal Mining"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/fat)