Alasan Suami Masukkan Mayat Istri Sirinya ke Tas dan Membuangnya

Alasan Suami Masukkan Mayat Istri Sirinya ke Tas dan Membuangnya

Jemmi Purwodianto - detikJatim
Rabu, 28 Sep 2022 20:23 WIB
mayat wanita dalam tas
Salah satu adegan rekonstruksi (Foto: Jemmi Purwodianto)
Gresik -

Polisi melakukan rekontruksi pembunuhan wanita yang mayatnya dimasukkan di dalam tas di Gresik. Meski tidak mengakui membunuh, pelaku mengakui alasannya membuang istri sirinya tersebut di dalam tas.

Pelaku Hendro Setiawan (43) membuang korban di Jalan Alternatif, Jembatan Kacangan, Dusun Gluranploso, Benjeng Gresik.

"Kepada kita pelaku mengaku jika bingung dan ingin keluarganya di Lumajang mengambilnya," ujar Kasat Reskrim Polres Gresik Iptu Wahyu Rizki Saputro, Rabu (28/9/2022).

Wahyu mengatakan sebelum dibuang, korban sudah meninggal selama sehari di rumahnya daerah Kedamean, Gresik. Pelaku memperagakan mulai menemukan korban yang pingsan tergeletak di ruang tamu, hingga mengangkat pelaku ke kamar.

"Jadi pelaku menemukan korban pingsan ini pada dua hari sebelum ditemukan warga Benjeng. Pelaku sempat membiarkan korban selama dua hari di tempat tinggalnya," jelas Wahyu.

Meski tidak ada adegan pembunuhan dalam reka ulang tersebut, polisi masih terus mendalami cara pelaku membunuh korban. Sebab, dari hasil autopsi, korban mengalami luka di kepala bagian belakang yang menjadi penyebab kematian.

"Hasil autopsi sudah jelas, penyebab kematian korban ada luka di bagian kepala yang menyebabkan korban meninggal. Itu kejadiannya minggu, jadi pelaku meninggalkan korban selama sehari," tutur Wahyu.

Untuk itu, lanjut Wahyu, pihaknya masih melakukan penyidikan lebih dalam untuk mengetahui cara dan motif pembunuhan terhadap korban. Bila diperlukan akan dilakukan tes kejiwaan.

"Nanti kita dalami lagi, apakah pelaku mengalami gangguan jiwa atau tidak. Karena hingga kini pelaku tidak memgakui perbuatannya padahal semua bukti sudah ada," tutup Wahyu.

Sebelumnya Polisi akhirnya meringkus pelaku pembunuhan Elly Prasetya Ningsih Warga Dusun Tunjungrejo Lor, Yosowilangun, Lumajang. Diketahui, pelaku bernama Hendro Setiawan (43) warga Beton, Menganti, Gresik ini merupakan suami sirih korban.

"Pelaku ini merupakan suami siri korban," kata Kapolres Gresik AKBP Muhammad Nur Azis.

Azis menjelaskan dalam melalukan penyelidikan selama 4 hari, Sat Reskrim Polres Gresik telah memeriksa 5 orang sebagai saksi. Dari hasil pemeriksaan itu, polisi mencari keberadaan pelaku yang sering berpindah-pindah dari Kedamean, hingga Surabaya.

"Pelaku kita amankan di daerah Banyuurip, Sawahan, Surabaya. Kita di bantu Polsek Sawahan untuk memantau keberadaan pelaku," jelas Azis.



Simak Video "Teka-teki Motif Suami Siri di Balik Mayat Wanita Dalam Tas"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)