Momen Tahanan Penganiayaan Pengadilan Negeri Blitar Menikah di Lapas

Momen Tahanan Penganiayaan Pengadilan Negeri Blitar Menikah di Lapas

Fima Purwanti - detikJatim
Rabu, 28 Sep 2022 12:03 WIB
Tahanan di Blitar menikah di dalam Lapas
Tahanan di Blitar menikah di dalam Lapas (Dok. Lapas Kelas II B Blitar)
Blitar -

Seorang tahanan dengan kasus penganiayaan di Blitar menikah di Lapas Kelas II B. Akad nikah itu digelar di dalam Lapas usai mendapatkan penetapan dari Pengadilan Negeri (PN) Blitar.

"Iya benar, akad nikahnya dilakukan Senin (26/9/2022). Yang bersangkutan ini statusnya adalah tahanan PN," ujar Kasi Binadik dan Giatja Lapas Kelas IIB Blitar Wahyu Tetuko saat dikonfirmasi detikJatim, Rabu (28/9/2022).

Wahyu mengatakan pihaknya hanya memfasilitasi pelaksanaan akad nikah atau pernikahan di lapas. Sebab, pernikahan tersebut merupakan hasil penetapan dari PN Blitar. Kemudian untuk izin menikah dengan ketentuan mengikuti peraturan yang ada di Lapas Kelas IIB Blitar.

"Usianya 20 tahun. Dia (tahanan) dengan perkara penganiayaan, dari wilayah hukum Polres Blitar," terang Wahyu.

Terkait masa hukuman tahanan, Wahyu mengaku tidak memiliki kewenangan untuk menyampaikan informasi tersebut. Namun, pihaknya memastikan yang bersangkutan berstatus tahanan PN.

Sementara itu, Humas Polres Blitar, Iptu Udiyono membenarkan bahwa tahanan yang menikah di dalam lapas tersebut merupakan tersangka penganiayaan. Bahkan, korban penganiayaan itu sudah meninggal dunia pada Mei 2022.

"Iya, untuk ungkap kasus sudah dilakukan pada awal Juni lalu. Kemudian untuk kejadian penganiayaan sekitar akhir Mei 2022," kata Udiyono.

Sebelumnya, sebanyak lima remaja asal Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar diamankan polisi atas dugaan kasus pengeroyokan. Satu orang remaja yang masih pelajar menjadi korban dari aksi penganiayaan itu. Namun, korban itu tewas usai enam hari mendapatkan perawatan secara intensif.



Simak Video "Suasana Pasar Tertua di Blitar yang Kini Kembali Ramai dan Padat"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/fat)