Kejaksaan Terima Berkas Kasus Tewasnya Santri Gontor: Sedang Tahap Penelitian

Kejaksaan Terima Berkas Kasus Tewasnya Santri Gontor: Sedang Tahap Penelitian

Charolin Pebrianti - detikJatim
Selasa, 27 Sep 2022 16:59 WIB
ponpes gontor
Ponpes Gontor (Foto File: Charolin Pebrianti/detikJatim)
Ponorogo -

Kejaksaan Negeri (Kejari) Ponorogo membenarkan bahwa berkas perkara kasus tewasnya santri Gontor sudah diterima dari polisi. Kini pihaknya masih melakukan penelitian.

Ia juga menyatakan saat ini Kejari belum menetapkan P21 atas berkas tersebut.

"Belum (P21), baru berkas saja yang diterima dari penyidik. Saat ini sedang tahap penelitian," kata Kasie Intelejen Kejari Ponorogo Ahmad Affandi kepada detikJatim, Selasa (27/9/2022).

Sebelumnya, Kasatreskrim Polres Ponorogo AKP Nikolas Bagas Yudhi Kurnia mengatakan berkas memang sudah diserahkan. Pasalnya berkas tersebut akan diteliti oleh tim jaksa.

"Sudah kita tahap 1, sementara diteliti oleh tim jaksa," tutur Niko kepada detikjatim, Selasa (27/9/2022).

Menurutnya, belum penetapan P21 karena masih penyerahan berkas kasus tewasnya santri Gontor ke Kejari Ponorogo untuk diteliti jaksa.

"Belum, baru kirim berkas saja untuk diteliti jaksa," imbuh Niko.

Sebelumnya, Senin (12/9), polisi menetapkan dua orang tersangka kasus tewasnya AM tersebut. Keduanya adalah MFA dan IH. Kedua tersangka diduga menyebabkan korban AM meninggal.

Baik korban maupu tersangka adalah santri Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG). Saat ini MFA sudah diamankan dan ditahan. Sedangkan IH tidak ditahan karena masih di bawah umur, namun tetap akan menjalani proses hukum yang berlaku.

Sebelumnya, dugaan penganiayaan senior berujung kematian santri berinisial AM di Gontor terungkap, saksi dari berbagai kalangan di lingkungan ponpes diperiksa polisi. Di antaranya 4 santri, 4 ustaz Ponpes Gontor, 3 dokter, 4 perawat, bidan jaga, 2 petugas pemulasaraan jenazah dan 2 keluarga korban.



Simak Video "Pengacara Santri Korban Penganiayaan Tak Akan Laporkan Ponpes Gontor"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/fat)