Ustaz TPQ yang Cabuli Murid Laki-laki di Mojokerto Segera Disidang

Ustaz TPQ yang Cabuli Murid Laki-laki di Mojokerto Segera Disidang

Enggran Eko Budianto - detikJatim
Kamis, 15 Sep 2022 17:57 WIB
Ustaz TPQ di Mojokerto tersangka pencabulan terhadap 3 murid laki-laki saat diserahkan ke jaksa
Ustaz TPQ di Mojokerto tersangka pencabulan terhadap 3 murid laki-laki saat diserahkan ke JPU. (Foto: Enggran Eko Budianto/detikJatim)
Mojokerto -

Polisi menyerahkan Rudianto alias Ustaz Dian (40), tersangka pencabulan 3 murid laki-laki kepada jaksa setelah berkas perkaranya dinyatakan lengkap (P21). Selanjutnya, ustaz TPQ di Kecamatan Sooko, Mojokerto itu akan menjalani persidangan.

Kasat Reskrim Polres Mojokerto AKP Gondam Prienggondhani mengatakan berkas perkara Ustaz Dian dinyatakan P21 oleh kejaksaan pada Rabu (14/9). Sehingga hari ini pihaknya melakukan tahap 2, yakni melimpahkan tersangka dan barang bukti kepada jaksa.

Ustaz Dian yang dikawal dua penyidik tiba di kantor Kejari Kabupaten Mojokerto, Jalan RA Basuni, Sooko sekitar pukul 10.30 WIB. Ia memakai kopiah dan baju tahanan oranye. Kedatangan tersangka langsung disambut istrinya yang menggendong bayi.

"Untuk oknum ustaz cabul sudah kami laksanakan tahap 2 hari ini ke Kejari Kabupaten Mojokerto. P21 kemarin," kata Gondam kepada wartawan di Mapolres Mojokerto, Jalan Gajah Mada, Mojosari, Kamis (15/9/2022).

Gondam menuturkan pencabulan yang dilakukan Ustaz Dian terhadap 3 murid laki-lakinya memang tidak meninggalkan bekas pada tubuh korban. Namun, penyidik telah mengumpulkan sejumlah alat bukti untuk menjerat tersangka di pengadilan.

Antara lain keterangan para korban, keterangan para saksi, serta hasil tes psikologi tersangka dan para korban. Menurutnya, Ustaz Dian mengalami trauma masa kecil karena kekerasan di dalam rumah tangga. Tersangka mempunyai kecenderungan menyalurkan rasa sayang terhadap remaja laki-laki lewat perbuatan cabul.

"Menurut keterangan pelaku untuk mengecek akil balig. Namun, pelaku sebenarnya punya rasa sayang kepada para korban. Hanya cara penyampaiannya salah, dengan cara melakukan pencabulan kepada para korban," jelasnya.

Pelimpahan Ustaz Dian beserta barang bukti pencabulan 3 murid TPQ telah diterima jaksa penuntut umum Kejari Kabupaten Mojokerto. Jaksa lantas menahan tersangka di Rutan Polres Mojokerto sambil menanti jadwal persidangan.

Di lain sisi, jaksa penuntut umum juga menyiapkan materi dakwaan untuk sidang perdana Ustaz Dian di Pengadilan Negeri (PN) Mojokerto.

"Hari ini kami telah menerima pelimpahan tersangka dan barang bukti dari penyidik atas nama Rudianto alias Ustaz Dian. Benar korban tetap 3 orang," tandas Kasipidum Kejari Kabupaten Mojokerto Ivan Yoko.

Pencabulan 3 murid laki-laki di TPQ. Baca di halaman selanjutnya.