Polda Jatim Sudah Periksa Pesulap Merah Terkait Laporan Gus Samsudin

Polda Jatim Sudah Periksa Pesulap Merah Terkait Laporan Gus Samsudin

Deni Prastyo Utomo - detikJatim
Jumat, 26 Agu 2022 17:22 WIB
Pesulap Merah dan Gus Samsudin
Pesulap Merah sudah diperiksa polisi terkait laporan Gus Samsudin. (Foto: Tangkapan layar/YouTube Padepokan Nur Dzat Sejati)
Surabaya -

Subdit Cyber Ditreskrimsus Polda Jatim memastikan bahwa mereka sudah memeriksa Pesulap Merah. Pemeriksaan terhadap pesulap bernama asli Marcel Radhival itu menindaklanjuti laporan Gus Samsudin.

PLH Kasubdit Cyber Polda Jatim Kompol Harianto mengatakan, pihaknya memang mendatangi langsung Pesulap Merak ke Jakarta. Ada sejumlah pertanyaan yang diajukan.

"Sudah-sudah, hari Jumat minggu lalu. Pemeriksaan terkait apa yang dilaporkan Gus Samsudin," jelas Harianto kepada detikJatim, Jumat (26/8/2022).

Harianto tidak menjelaskan secara detail pertanyaan apa saja yang diajukan ke Pesulap Merah. Perwira polisi dengan satu melati di pundak itu hanya menyebutkan jumlah pertanyaannya.

"Ada 25 pertanyaan," ungkap Harianto.

Usai memeriksa Pesulap Merah, Korps Bhayangkara masih belum menyimpulkan apakah aduan masyarakat yang dilakukan oleh Gus Samsudin di Polda Jatim bisa menjadi laporan kepolisian. Pihaknya masih akan memintai keterangan ahli terlebih dahulu apakah ada unsur pidana.

"Masih belum kami simpulkan, karena belum ada gelar dengan penyidik yang lain. Nanti pasti ada (keterangan ahli) bahasa dan ITE," tukasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pesulap Merah mengaku sudah didatangi penyidik Polda Jatim. Dia mengaku kooperatif dengan polisi.

"Kalau Polda Jatim, mereka yang datang ke sini. Sudah ada panggilan, karena saya mengajukan keberatan. Jauh banget, jadwal dari pagi ke pagi. Kemarin panggilan pertama klarifikasi," katanya saat ditemui detikHot di Studio Trans TV, Kamis (25/8).

Saat ditanya apakah akan melapor balik atas kejadian ini, Marcel Radhival belum menentukan hal tersebut. Namun, ia ingin membuat efek jera pada para dukun tersebut.

"Nggak tahu nanti ke depannya, tapi saya kemungkinan akan untuk menimbulkan efek jera. Tuduhan palsu itu dilarang kan maka dari itu, kemungkinan nanti ketika misalkan panggilan pertama terbukti ini nggak masuk ke delik baru nanti untuk tidak menimbulkan efek jera asal-asalan yaudah saya kurungin aja nanti," harapnya.



Simak Video "Momen Gus Samsudin Laporkan Pesulap Merah ke Polda Jatim"
[Gambas:Video 20detik]
(dte/dte)