Kabar Nasional

Skenario Sambo Bunuh Brigadir J Dibongkar Bharada E di 4 Carik Kertas

Tim detikX - detikJatim
Rabu, 17 Agu 2022 20:01 WIB
5 Perkembangan Kasus Ferdy Sambo Terbaru
Skenario Sambo dibongkar Bharada E di 4 Carik Kertas. (Foto: Edi Wahyono/detikX)
Surabaya -

Irjen Ferdy Sambo telah ditetapkan sebagai tersangka utama dalam kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Hutabarat atau Brigadir J. Baru-baru ini, diketahui bahwa kesaksian Bharada E di 4 carik kertas membongkar semua skenario lama Sambo dalam pembunuhan Brigadir J.

Tim detikX menelusuri bahwa kesaksian Bharada E atau Richard Eliezer Pudihang Lumiu itu ditulis dalam 4 carik kertas yang diserahkan kepada penyidik Polri. Butuh waktu setidaknya enam jam untuk Richard menuliskan semua kesaksian tersebut.

Setelah membaca bersama-sama, penyidik Polri yang memeriksa kesaksian Richard itu mengatakan bahwa ceritanya sesuai dengan hasil pemeriksaan sejumlah saksi lain dan barang bukti.

"Akhirnya kami sepakat, nih, dicap jempol di atas dan tanda tangan. Selesai, langsung kami masukkan BAP," ucap eks pengacara Bharada E, Deolipa Yumara di kediamannya, kawasan Depok, Jawa Barat, pekan lalu.

Deolipa mengatakan bahwa Bharada E merasa harus menarik kesaksiannya awalnya di BAP setelah ditetapkan sebagai Tersangka. Sebab, Bharada E tidak mau dihukum berat atas kejahatan yang tidak pernah ingin dia lakukan. Richard merasa bersalah terhadap Brigadir J dan keluarganya

Menurut Deolipa, Bharada E menulis kesaksiannya tersebut sejak pagi hari. Namun beberapa kali juga dia berhenti dan mengubah kesaksiannya.

Sebabnya, saat itu Bharada E masih terngiang skenario lama yang dibuat Ferdy Sambo. Yakni skenario 'tembak-menembak yang belakangan tidak terbukti. Bharada E menulis dalam tekanan dan rasa takut lantaran khawatir terjadi apa-apa pada dirinya dan keluarga jika dia menceritakan kisah yang sebenarnya.

"Hampir gila si Bharada E. Bunuh teman sendiri depan matanya, otak dia gimana?" ungkap Deolipa.

Empat carik kertas yang ditulis Richard itulah yang akhirnya menyingkap teka-teki perburuan aktor utama pembunuhan Brigadir J. Berkat kesaksian Richard, Irjen Ferdy Sambo bersama dua anak buahnya, Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf, pun akhirnya ditetapkan sebagai tersangka. Ketiganya disangkakan Pasal 340 subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP dengan ancaman maksimal hukuman mati.

Kepala Bareskrim Polri Komjen Agus Andrianto mengatakan pengakuan Richard yang menjadi titik awal terbongkarnya kebohongan Ferdy Sambo ini muncul berkat kegigihan penyidik dan timsus. Penyidik sampai memanggil keluarga dan pacar Richard untuk meyakinkannya agar berani menyampaikan cerita yang sebenarnya. Upaya itu berhasil membuat Richard luluh dan yakin.

"Kepada penyidik, dia (Bharada E) akhirnya menyampaikan secara detail tentang kejadian itu," kata Agus pekan lalu.



Simak Video "Seperti Apa Sosok Brigadir J Semasa Sekolah? Ini Kata Gurunya"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/dte)